Kamis, 18/04/2024 15:14 WIB

LLDikti Gandeng Kampus se-DKI Bantu Penyintas Semeru

LLDikti Gandeng Kampus se-DKI Bantu Penyintas Semeru

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menggandeng perguruan tinggi se-DKI Jakarta, guna memberikan bantuan modal bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada 2021 lalu.

Erupsi gunung vulkanik yang masih aktif itu membuat sejumlah kerusakan. Daerah yang sangat parah terdampak ialah Desa Curah Koboan dan Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang Jawa Timur.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian sekaligus implementasi pengabdian kepada masyarakat, LLDIKTI Wilayah III dan perguruan tinggi di Jakarta memberikan modal usaha dan alat pendukung usaha senilai Rp122.900.000 untuk 38 kepala keluarga di kedua desa tersebut.

"Kita di lingkungan LLDIKTI Wilayah III bersama dengan perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta ikut turut membantu para saudara kita yang menjadi Penyitas erupsi Gunung Semeru di Lumajang tahun 2021 dan kita membantu pemulihan pasca erupsi tersebut," kata Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani dalam keterangannya pada Rabu (29/6).

"Ini juga menjadi salah satu bentuk bantuan kemanusiaan dan pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat dengan memberikan bantuan berupa dana, alat perkakas produksi pertanian, alat rumah tangga untuk berwirausaha dan masih banyak lagi," imbuh dia.

Sebanyak sembilan perguruan tinggi juga mengantarkan langsung ke Lumajang, Jawa Timur, meliputi Universitas Budi Luhur, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Tarumanagara, Universitas Esa Unggul, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, STMA IMMI, STIK Carolus, dan Akademi Sekretari Budi Luhur.

Ketua Umum Relawan LLDIKTI III dan Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, menerangkan bahwa perguruan tinggi yang tergabung dalam Tim REDI atau Relawan LLDIKTI, menyampaikan bantuan berupa barang modal bagi para penyitas korban erupsi Gunung Semeru.

"Harapannya barang modal ini bisa untuk menyambung kehidupan tentunya juga upaya teman teman di Perguruan Tinggi yang ada di LLDIKTI Wilayah III yang mengumpulkan dana tersebut juga tidak sia-sia," ujar Wendi.

"Mudah-mudahan dengan bantuan sumbangan ini akan dirasakan manfaatnya bagi para penerima dan tentunya akan dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan berikutnya yang lebih masif lagi dan bermanfaat bagi para Penyitas tersebut," sambung dia.

KEYWORD :

LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani Gunung Semeru Erupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :