Kamis, 25/04/2024 07:07 WIB

5 Ukuran Tempat Sampah yang Ideal Buat di Rumah

Tempat sampah pasti selalu ada di dalam rumah. Penting untuk mengetahui ukuran idealnya.

Tempat sampah ideal untuk di rumah. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Setiap rumah pasti akan menghasilkan sampah rumah tangga, baik setelah memasak, membersihkan rumah maupun saat bekerja di rumah. Untuk itu, kamu perlu menyediakan tempat sampah dengan ukuran tepat agar dapat menampung sisa kotoran tersebut.

Namun, tahukah kamu kalau tidak semua ukuran dan model tempat sampah dapat digunakan di ruangan yang sama, lho. Nah, agar tidak salah pilih, simak ukuran tempat sampah yang ideal untuk setiap ruangan di rumah kamu berikut ini.

1.  Dapur

Bila kita suka masak, pasti kita memiliki sisa bahan masakan yang tidak digunakan lagi. Tentu, sisa bahan masakan tersebut akan dibuang ke tempat sampah.

Oleh karena itu, tempat sampah di dapur harus memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 30-60 liter, serta memiliki tutup agar bau sisa bahan masakan tidak tercium. Namun, ukuran tempat sampah tersebut perlu disesuaikan dengan aktivitas masak sehari-hari. Misalnya, kalau sehari kamu bisa memasak 3 kali untuk 4 orang, pilihlah tempat sampah berukuran 50-60 liter. Sedangkan kalau sehari kamu cuma memasak 2 kali untuk 2-3 orang, maka tempat sampah berukuran 30-40 liter sudah cukup.

2.  Kamar mandi

Tempat sampah di kamar mandi biasanya berukuran kecil karena hanya digunakan untuk membuang bekas tisu, pembalut, dan kemasan perlengkapan mandi. Jadi, kamu bisa memilih tempat sampah berukuran 5-15 liter.

Selain itu, pastikan kamu memakai tempat sampah dari bahan plastik yang tahan air dan memiliki tutup. Dengan begitu, tempat sampah bisa digunakan dalam waktu lama tanpa perlu khawatir rusak dan karatan.

3.  Kamar tidur

Di dalam kamar tidur, biasanya kita akan memiliki meja rias, baik untuk berdandan, menggunakan perawatan wajah atau kulit, dan lain-lain. Tentunya, sisa produk kecantikan, seperti bekas kapas, cotton bud, hingga kemasan masker, perlu kita buang di dalam tempat samah.

Kamu bisa memakai ukuran tempat sampah kecil, yaitu sekitar 5 liter ke bawah. Jadi, kamu bisa meletakkannya tepat dibawah meja rias atau bahkan diatasnya, lho. Namun, pastikan untuk tidak membuang barang-barang yang mudah membusuk karena nantinya bisa membuat kamar jadi bau.

4.  Ruang kerja

Ruang kerja di rumah juga harus memiliki tempat sampah. Biasanya, tempat sampah di ruang kerja hanya akan digunakan untuk membuat kertas bekas, bungkus camilan, serta amplop surat yang sudah tidak terpakai. Jadi, kamu tidak memerlukan tempat sampah yang terlalu besar.  Kamu bisa menggunakan tempat sampah yang berukuran 5-15 liter.

 

5.  Area di luar rumah

Tempat sampah yang membutuhkan ukuran terbesar adalah area di luar rumah. Semua sampah rumah tangga biasanya akan dibuang secara rutin ke tempat sampah besar, yang diletakkan di luar ruangan sebelum diangkut oleh petugas kebersihan.

Biasanya, ukuran tempat sampah outdoor berkisar sekitar 90-250 liter dan memiliki tutup. Ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah rata-rata sampah harian di rumah.

Itu lima ukuran tempat sampah yang ideal untuk setiap ruangan di rumah. Nah, kalau kamu sedang mencari tempat sampah yang cocok dan berkualitas, kamu bisa mengunjungi ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini menjual segala perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, Ataru, Chatime, Susen dan lain-lain. Dengan berbelanja di situs ini, kamu bisa memperoleh berbagai penawaran menarik, lho.

Yuk, pastikan ukuran tempat sampah di rumah sudah tepat.

KEYWORD :

Tempat Sampah Ukuran Ideal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :