Rabu, 24/04/2024 05:46 WIB

Gangguan Ke PPP Ancam Bubarkan KIB

Padahal, figur Suharso Manoarfa sebagai seorang politisi dinilai cukup ideal, kiprahnya sebagai ketua umum PPP. Bahkan, Suharso saat ini menjadi salah satu tokoh yang kemampuannya dipercaya Presiden Jokowi.

Ilustrasi bendera PPP. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah diterpa gelombang gangguan. Sejumlah internal partai ka’bah bahkan melakukan manuver politik untuk mendeligitimasi posisi Suharso Monoarfa.

Direktur Eksekutif Research Oriented Development Analysis (RODA) Institut, Ahmad Rijal Ilyas heran langkah tersebut masih bisa terjadi di tengah prestasi Suharso yang menonjol di pemerintahan.

"Padahal, figur Suharso Manoarfa sebagai seorang politisi dinilai cukup ideal, kiprahnya sebagai ketua umum PPP. Bahkan, Suharso saat ini menjadi salah satu tokoh yang kemampuannya dipercaya Presiden Jokowi," kata Rijal di Jakarta, Senin (27/6).

Menurut dia, manuver politik yang dilakukan terhadap Suharso nantinya malah merugikan PPP. Utamanya dalam upaya penjajakan politik yang tengah dilakukan menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

"Manuver yang dilakukan oleh oknum kader yang diduga `barisan sakit hati` terhadap Soeharso tidak terlepas dari dugaan disuport oleh kekuatan personal ataupun partai politik di luar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan tujuan besar melemahkan posisi KIB dalam kancah kontestasi Pemilu 2024," papar Rijal.

"Padahal, dilain pihak KIB berkomitmen untuk menjaring tokoh internal sebagai kandidat Bacapres di 2024 mendatang," sambungnya.

Oleh karena itu, Rijal Ilyas menyarankan agar semua pihak internal partai ataupun mitra koalisi KIB untuk solid dan bersama-sama memenangkan perolehan suara di Pemilu 2024. Jangan sampai, perolehan suara tidak tercapai yang membuat penyesalan sehingga tersingkir.

"Jangan sampai apa yang dilakukan para kader di luar instruksi partai, akan merusak bahkan merugikan PPP sebagai partai islam terbesar, serta merusak soliditas KIB yang notabennya salah satu poros memainkan peranan penting pada pilpres," pungkasnya.

Untuk diketahui, aksi demonstrasi yang menuntut Suharso mundur dari jabatan Ketua Umum PPP digelar di Jakarta dan di Jawa Timur.

Di Jakarta, massa yang mengatasnamakan Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) PPP sempat menggelar aksi di seberang Gedung DPP PPP Menteng, Jakarta Pusat.

 

KEYWORD :

PPP Suharso Monoarfa Pemilu 2024 Ahmad Rijal Ilyas Koalisi Indonesia Bersatu KIB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :