Kamis, 18/04/2024 21:22 WIB

Perketat Sanksi Rusia, G7 akan Larang Impor Emas Moskow

Perketat sanksi Rusia, G7 akan melarang impor emas Moskow.

File photo of gold bullion bars. (Photo: AFP/David Gray)

JAKARTA, Jurnas.com -  Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan, kelompok negara-negara G7 akan melarang impor emas Rusia. Larangan tersebut bertujuan memperketat sanksi terhadap Moskow dan melumpuhkan upaya perangnya di Ukraina.

"Bersama-sama, G7 akan mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia," kata Presiden AS, Joe Biden di Twitter.

Larangan impor emas tersebut awalnya ditandai oleh Inggris sebagai tindakan bersama yang diambil bersama dengan sesama anggota G7 Kanada, Jepang dan AS.

Namun, anggota G7 lainnya, yang mengadakan pertemuan puncak di Jerman, juga akan bergabung dengan pengungkapan resmi sanksi pada hari Selasa, kata seorang pejabat senior AS.

"Anda akan melihatnya pada hari Selasa. Ini akan menjadi prinsip G7 yang diartikulasikan," kata pejabat itu, yang berbicara kepada wartawan tanpa menyebut nama.

Menurut pejabat G7, ekonomi Rusia yang sudah berada di bawah tekanan besar dari sanksi Barat terhadap bank, perusahaan energi, maskapai penerbangan, barang-barang berteknologi tinggi dan konsumen, tersedaknya pasar emas akan memiliki dampak yang signifikan. 

Mengingat peran sentral London dalam perdagangan emas internasional, "langkah ini akan memiliki jangkauan global, menutup komoditas dari pasar internasional formal", kata Inggris.

"Emas, setelah energi, adalah ekspor terbesar kedua untuk Rusia dan sumber pendapatan yang signifikan bagi (Presiden Vladimir) Putin dan Rusia," kata pejabat AS itu, menambahkan bahwa pemblokiran sektor emas Moskow akan semakin mengisolasi Rusia dari dunia global.

Menurut Gedung Putih, Rusia menyumbang sekitar 5 persen dari semua ekspor emas pada tahun 2020 dan 90 persen dari produksi Rusia pergi ke negara-negara G7 - sebagian besar ke Inggris.

Upaya untuk menekan emas Rusia kemungkinan akan menjadi langkah ekonomi paling berarti terhadap Moskow yang diumumkan pada pertemuan tiga hari G7.

Para pejabat mengatakan bahwa secara kumulatif semua sanksi perlahan tapi pasti mulai menggerogoti ekonomi Rusia dan kemampuan jangka panjang Putin untuk melanjutkan invasi ke Ukraina, yang sekarang memasuki bulan kelima.

Sementara sejauh ini hanya ada sedikit tanda-tanda Kremlin merasakan tekanan, kampanye Barat menghadapi sesuatu yang lebih dekat dengan kematian dengan seribu luka daripada satu pukulan dramatis, kata pejabat senior AS.

Ukuran emas adalah "ilustrasi berkelanjutan dari jenis langkah yang dapat diambil G7 secara kolektif untuk mengisolasi Rusia dan memutuskannya dari ekonomi global", kata pejabat itu.

“Dan dampak itu hanya terakumulasi dari waktu ke waktu, sehingga kemampuan Rusia untuk berproduksi, kemampuan Rusia untuk berperang akan menurun seiring waktu sebagai akibat dari langkah kolektif yang telah diambil G7”.

Bernilai £12,6 miliar untuk ekonomi Rusia pada tahun 2021, emas juga merupakan komoditas perlindungan di saat gejolak. Oligarki Rusia diyakini telah bergegas menyembunyikan aset mereka dari penegak sanksi Barat dengan mengubahnya menjadi logam mulia.

London Bullion Market telah menangguhkan enam kilang Rusia yang diumumkan pada 7 Maret.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Amerika Serikat Negara G7 Larangan Impor Emas Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :