Sabtu, 20/04/2024 14:40 WIB

BKKBN Kembali Gelar Pelayanan KB Serentak Pada Hari Keluarga Nasional

BKKBN kembali gelar pelayanan KB serentak pada Hari Keluarga Nasional.

Yakinkah Anda jika sudah paham betul mengenai kontrasepsi (Foto: Net)

 

JAKARTA, Jurnas.com - Pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 15 Juni 2022 berhasil melampaui target yang ditetapkan, yakni 117,59 persen.

BKKBN pun kembali akan menggelar pelayanan KB serentak yang pelaksanaannya berbarengan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 pada 29 Juni 2022.

Direktur Bina Akses Pelayanan KB BKKBN, Zamhir Setiawan mengatakan, pelayanan KB ini digelar sebagai rangkaian puncak Harganas di Kota Medan, Sumatera Utara, pada 7 Juli 2022.

"Tanggal 29 Juni kita akan melakukan pelayanan kembali secara serentak di Kota Belawan di 21 kecamatan dan 42 lokus dengan target 3.541 akseptor," kata Zamhir dalam keterangannya diterima Jurnas.com, Senin (27/6).

Sementara itu, lanjut Zamhir, pada puncak perayaan Harganas 7 Juli di Kota Medan, BKKBN secara simbolik juga akan menggelar kembali pelayanan KB di Lapangan Merdeka yang terdiri dari pelayanan KB Metode Operasi Pria (MOP), IUD atau KB spiral, implan, suntik, pil, dan KB Pasca Persalinan dengan menyediakan dua unit mobil pelayanan.

"Di dalam dua unit mobil pelayanan, kita mempersiapkan akseptor implan dan akseptor MOP untuk diwawancarai Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ujarnya.

Sebelumnya, pelayanan sejuta akseptor yang digelar BKKBN sukses melebihi target yang ditentukan dari 1.101.206 menjadi 1.294.882 akseptor atau tercapai 117,59% dari target yang ditentukan.

Sebanyak 31 provinsi telah mencapai target dengan urutan peringkat 3 besar, yaitu Yogyakarta 224,2 persen, Sumatera Barat 187,0 persen, dan Maluku 183,1 persen.

Sedangkan 3 provinsi yang tidak mencapai target yang telah ditetapkan yaitu Jawa Tengah 89,9 persen, Bali 70,5 persen, dan Kalimantan Barat 41,3 persen.

Puncak Perayaan Harganas Ke 29 yang mengusung Tema "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting" akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi setelah menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara di Eropa.

Perhelatan ini akan digelar secara hybrid, dan diikuti sekitar 105 ribu orang baik langsung maupun daring,

Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

Harganas ke-29 juga menjadi ajang konsolidasi dan kooordinasi bagi tim percepatan penurunan stunting kabupaten/kota dan provinsi. Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden serta Penghargaan Manggala Karya Kencana, Darma Karya Kencana dari Kepala BKKBNa

KEYWORD :

Pelayanan KB BKKBN Hasto Wardoyo Zamhir Setiawan Hari Keluarga Nasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :