Selasa, 23/04/2024 23:34 WIB

Ukraina Laporkan Serangan Besar-besaran dari Belarusia

Ukraina laporkan serangan besar-besaran dari Belarusia.

Asap dan kotoran membubung dari kota Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia di wilayah Donbas Ukraina timur pada 14 Juni 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: AFP/Aris Messinis)

JAKARTA, Jurnas.com - Ukraina mengatakan pihaknya berada di bawah sarangan besar-besaran pada Sabtu (25/6) dari Belarusia, sekutu Rusia yang tidak secara resmi terlibat dalam konflik itu, sehari setelah mengumumkan mundur dari kota strategis Severodonetsk.

Dua puluh roket menargetkan desa Desna di wilayah Chernigiv utara, komando militer utara Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa infrastruktur terkena, tetapi belum ada korban yang dilaporkan.

Belarus telah memberikan dukungan logistik ke Moskow sejak invasi 24 Februari, terutama dalam beberapa minggu pertama, dan seperti Rusia telah menjadi sasaran sanksi Barat - tetapi secara resmi tidak terlibat dalam konflik tersebut.

"Serangan hari ini secara langsung terkait dengan upaya Kremlin untuk menarik Belarus sebagai pihak yang berperang bersama ke dalam perang di Ukraina," kata dinas intelijen Ukraina.

Serangan itu terjadi menjelang pertemuan yang direncanakan antara Presiden Rusia, Vladimir Putin dan mitranya dari Belarusia dan sekutu dekatnya Alexander Lukashenko di Saint Petersburg pada hari Sabtu.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia pada Jumat mengutuk keputusan Brussel untuk memberikan status kandidat Uni Eropa resmi kepada Ukraina sebagai langkah untuk menahan Rusia secara geopolitik.

"Keputusan itu menegaskan bahwa monopoli geopolitik ruang CIS (Persemakmuran Negara-Negara Merdeka) terus aktif untuk menahan Rusia," kata juru bicara Kemenlu Rusia, Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, sekutu Barat Ukraina akan berkumpul pada Minggu di pertemuan puncak para pemimpin kelompok negara-negara industri maju (G7) di Jerman. Presiden Volodymyr Zelenskyy akan menghadiri pertemuan tersebut dan memberikan statmen.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menghadiri G7 dan pertemuan puncak aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) di Madrid minggu depan.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Belarusia Ukraina Invasi Rusia Volodymyr Zelenskyy Joe Biden Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :