Kamis, 18/04/2024 20:52 WIB

Kata Mendag, Kenaikan Harga Cabai Bonus Tahunan Petani

Kata Mendag Zulhas, kenaikan harga cabai bonus tahunan untuk petani

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut soal `bonus tahunan` yang diperoleh petani di tengah meningkatnya harga cabai. Hal ini disampaikan usai bertemu Menateri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementerian Pertanian, kemarin.

Seperti diketahui saat ini harga semua jenis cabai tengah mengalami kenaikan. Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional pada Senin (20/6/2022), harga cabai merah besar naik menjadi Rp68.850 per kilogram (kg), cabai merah keriting naik menjadi Rp74.950 per kg, cabai rawit hijau naik menjadi Rp66.150 per kg, serta cabai rawit merah Rp92.350 per kg.

"Kalau bawang merah, cabai-cabai naik itu kan memang musiman. Waktu itu saya tanya orang pasar, `Biasa Pak kalau musim begini harganya naik, biarlah Pak untuk petani ada bonus tahunan,` kira-kira begitu kata pedagang," ujar Zulhas dikutip dari YouTube Kementerian Pertanian, Selasa (21/6/2022).

Selain itu, Zulhas menyampaikan, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan berkolaborasi memperjuangkan kesejahteraan petani agar tidak rugi. Salah satunya, membuat perlindungan atau semacam aturan agar Indonesia mampu menahan laju impor pada komoditas bawang putih, gula pasir dan juga kedelai.

"Saya dikasih tahu Pak Mentan, beras lebih, jagung lebih, nah ini yang mesti kita sinkronkan, kolaborasi, kerjasama agar jangan sampai petani-petani kita mati karena adanya impor berlebih. Misalnya seperti cabai, bawang merah masa iya kita harus impor itu kan," kata dia.

Zulhas pun berkomitmen akan mendukung penuh program Kementan untuk menjaga pangan Indonesia agar lebih meningkat dan berdampak langsung pada kesejahteraan petani. "Kalau perdagangan kan atur saja kan. Tapi semua kan ada di pertanian, tetapi kalau pertanian tidak dilindungi susah juga kan, nanti dimarahi petani. Memang ini harus kerja sama yang erat," ucapnya.

 

KEYWORD :

Mendag Zulkifli Hasan harga cabai petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :