Rabu, 24/04/2024 11:08 WIB

Agar Produksi Maksimal, Kementan Ajak Petani Persiapkan Lahan dengan Baik

Agar produksi maksimal, Kementan ajak petani persiapkan lahan dengan baik.

Bagang status hara N tanah. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Salah satu langkah penting untuk mendapatkan produksi pertanian yang maksimal adalah mempersiapkan lahan. Untuk itu Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak petani untuk benar-benar mempersiapkan lahan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, petani harus bisa mendapatkan produksi yang maksimal.

"Dengan produksi yang tinggi, petani juga bisa mendapatkan tambahan pendapatan. Tentu ini akan berdampak positif juga terhadap kesejahteraan petani," kata SYL, sapaan Menten Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan petani tidak boleh membiarkan lahan terlalu lama menganggur.

"Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, kita harus tanam, tanam, tanam. Jangan biarkan lahan terlalu lama menganggur, segera olah dan siapkan untuk tanam lagi," kata Dedi.

Ia juga mengajak petani dan masyarakat untuk memanfaatkan setiap lahan yang ada untuk bertani. "Kita bisa manfaatkan semua lahan yang ada, seperti lahan pekarangan dan lainnya. Karena, dalam kondisi apa pun pertanian tidak boleh bersoal, pertanian tidak boleh bermasalah," kata Dedi.

Kementan pun terus memberikan edukasi kepada petani terkait kiat-kiat mempersiapkan lahan pertanian dengan baik melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program atau IPDMIP.

Seperti baru-baru ini dilakukan melalui kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP di Daerah Irigasi (DI) Batang Partupangan Nagari Persiapan Anam Koto Utara.

Di tempat ini, petani mendapatkan pengetahuan mengenai pengolahan tanah sawah, pengujian tanah sawah menggunakan PUTS di lokasi Labor lapang IPDMIP DI Batang Partupangan Nagari Anam Koto Utara

Indikasi yang digunakan adalah N = Tinggi, P = Sedang, K = Tinggi, dan pH = Netral. Sebagai pemateri, ada Penyuluh WKPP Tandikek Syahrial Hanafi, SP, dan penyuluh IPDMIP Anton Suherman, SP

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Koordinator BPP Kecamatan Kinali Ifna rahmi, S.ST, Penyuluh/ Staf IPDMIP Anam Koto Selatan (Irsadul Fikri, SP), Ketua dan Kelompok tani.

KEYWORD :

Persiapan Lahan IPDMIP Dedi Nursyamsi Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :