Rabu, 17/04/2024 01:16 WIB

Elektabilitas Masuk Tiga Besar, Benny Harman: Tema Politik Demokrat Sesuai Harapan Rakyat

Partai Demokrat dalam program partainya dengan tegas mengusung agenda perubahan dan perbaikan, yang intinya menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama programnya, people centred development programme.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Demokrat, Benny K Harman. (Foto: Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman angkat bicara terkait hasil survei Litbang Kompas yang menyebutkan Partai Demokrat masuk dalam tiga besar dengan elektabilitas 11, 6 persen di bawah PDIP dan Gerindra.

Benny menegaskan, naiknya elektabilitas menunjukan rakyat saat ini masih menaruh harapan tinggi kepada Partai Demokrat untuk melakukan perubahan dan perbaikan terhadap situasi dan kondisi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara ke depannya.

Selain itu, lanjut Anggota Komisi III DPR RI ini, tema politik yang diusung yakni perubahan dan perbaikan nampaknya sejalan dengan aspirasi dan harapan masyarakat saat ini.

Partai Demokrat dalam program partainya dengan tegas mengusung agenda perubahan dan perbaikan, yang intinya menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama programnya, people centred development programme,” tegasnya kepada wartawan, Selasa (21/6).

Tak hanya itu, Benny juga yakin, naiknya elektabilitas Partai Demokrat, juga karena program-program yang pro rakyat semasa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 10 tahun menjadi Presiden masih dirasakan masyarakat.

“Presiden SBY memimpin 10 tahun Indonesia secara konsisten diyakini tetap menjadi program unggulan yang secara nyata langsung memberi solusi terhadap beban ekonomi yg menghimpit kehidupan rakyat,” tegasnya.

Lebih dalam, Legislator Dapil Nusa Tenggara Timur ini menyatakan, hasil survei yang mengangkat Partai Demokrat ke kelompok partai papan atas merupakan bentuk apresiasi rakyat terhadap kinerja Partai Demokrat. Kendati begitu, menurutnya, hasil survei itu juga merupakan peringatan agar Partai Demokrat jangan sekali-kali meninggalkan rakyat, pemilik utama kedaulatan.

“Apa yang menjadi keprihatinan, keresahan dan harapan rakyat harus terpateri juga sebagai keprihatinan, derita dan harapan segenap elit dan Partai Demokrat. Sebagai Parpol yang lahir dari rahim rakyat, Partai Demokrat akan terus menerus menyapa, peduli dan bekerja untuk rakyat serta bersama rakyat terus memperjuangkan harapan rakyat tersebut tanpa mengenal lelah,” demikian Benny K Harman.

Untuk diketahui, hasil survei yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022 menunjukkan, PDIP merupakan partai dengan elektabilitas tertinggi dengan angka 22,6 persen. Posisi PDI-P sebagai pemuncak elektabilitas diikuti oleh Partai Gerindra (12,5 persen), Partai Demokrat (11,6 persen), dan Partai Golkar (10,3) persen, empat partai yang masuk golongan partai papan atas.

Sementara itu, di peringkat papan tengah dan bawah, terdapat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing elektbalitasnya 5,4 persen, diikuti Partai Nasdem (4,1 persen).

Lalu, elektabilitas dua partai parlemen lainnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di bawah ambang batas parlemen sebesar 4 persen, yakni PAN (3,6 persen) dan PPP (2 persen).

Adapun elektabilitas partai-partai non-parlemen pada survei ini juga belum menembus ambang batas parlemen. Tercatat, elektabilitas Partai Perindo sebesar 3,3 persen, diikuti Partai Hanura (1 persen), PSI (0,7 persen), PBB (0,4 persen), Partai Garuda (0,2 persen), dan Partai Berkarya (0,1 persen).

 

KEYWORD :

Warta DPR Partai Demokrat Benny K Harman survei Litbang Kompas elektabilitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :