Kamis, 18/04/2024 08:00 WIB

Ketua Komisi V Berterima Kasih Ke Pemerintah Mudik Lebaran 2022 Berjalan Lancar

Atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah. Kita hari ini bukan menyalahkan siapa pun kita mencari solusi.

Ketua Komisi V DPR, Lasarus. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus berterima kasih ke pemerintah yang telah memberikan pelayanan yang cukup baik dalam pengendalian mudik lebaran tahun 2022. Dia juga mengapresiasi kinerja Pemerintah dalam menangani arus mudik lebaran 2022, meskipun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. 

"Atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah. Kita hari ini bukan menyalahkan siapa pun kita mencari solusi," papar Lasarus saat memimpin rapat di Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senin (20/6).

Dalam rapat ini dipaparkan telah terjadi penurunan arus mudik sebesar 22,6 persen dibandingkan tahun 2019 dan diikuti dengan kemacetan pada beberapa titik.  

Lewat evaluasi ini, kata Lasarus, pihaknya perlu merumuskan kembali langkah untuk mengatasi kemacetan yang berulang tiap tahun. Sebab, pada tahun ini terjadi penumpukan kendaraan secara tidak terduga di Jalan Tol Merak.

Menurutnya, penumpukan tersebut biasanya diatasi dengan baik. Namun, jumlah arus mudik lebaran 2022 yang turun justru membuat kemacetan luar biasa di Jalan Tol Merak dan titik lainnya.

Lasarus berharap, angka kemacetan arus mudik di tahun yang akan datang dapat diantisipasi agar tidak terulang kembali. Tidak hanya itu, Lasarus ingin durasi kemacetan dapat diminimalisasi apabila terjadi penumpukan kendaraan arus mudik.

“Kita harapkan di titik macet tahun ini, kalau bisa tidak terjadi lagi. Kalau terjadi, jam macetnya bisa dikurangi," kata Lasarus.

Lasarus mengungkapkan, pemerintah sudah berhasil menyelesaikan ribuan ruas jalan tol di Pulau Jawa. Untuk itu, lanjut Lasarus, pelaksanaan mudik di tahun 2023 dan nataru 2022 dapat berjalan dengan baik.

“Mudik tahun depan dan nataru bisa ditangani lebih baik dari pada tahun ini," harap Lasarus.

Rapat kerja ini telah melibatkan Menteri Perhubungan (Menhub), Menteri PUPR RI, BMKG dan Basarnas untuk membahas evaluasi pelaksanaan infrastruktur dan transportasi pada mudik lebaran tahun 2022.

Ia meminta kepada seluruh hadirin untuk bertepuk tangan sebagai rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah bekerja keras menyukseskan mudik Lebaran 2022.

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi V Lasarus Kemenhub mudik lebaran Budi Karya Sumadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :