Rabu, 24/04/2024 23:59 WIB

Pahala: Beberapa Anak Usaha BUMN Berpotensi IPO

Tahun ini beberapa anak usaha BUMN berpotensi Initial Public Offering

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah anak usaha BUMN berpotensi mencatatkan saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini. Hal ini disampaikan Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

Dia menuturkan, perusahaan yang akan melantai di pasar modal Indonesia adalah anak usaha PT Pertamina (Persero). Hanya saja dia enggan merincinya. Tercatat, Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) akan melantai ke BEI.

"Target kita tahun ini paling tidak (anak usaha) Pertamina ada beberapa (yang IPO)," kata Pahala saat ditemui wartawan di sela-sela Penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Pertamina NRE dan Perhutani, Senin (20/6/2022).

Selain di sektor energi, BUMN di sektor perkebunan pun berpotensi melakukan go public. Di sektor ini, manajemen Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III (Persero) telah mengonfirmasi akan mencatatkan sahamnya di pasar modal tahun ini.

Terkait rencana tersebut, perseroan akan membentuk sub holding yang disebut dengan Palm Co. Bisnis perusahaan yang dicatatkan sahamnya di pasar modal Tanah Air adalah seluruh bisnis kelapa sawit dan karet.

Aksi korporasi itu untuk mendapatkan value creation tertinggi yang berasal dari konversi karet ke kelapa sawit. "Lalu kita lihat ada potensi juga di anak usaha (BUMN) perkebunan. InsyaAllah ada. Nanti kita sebutkan kalau sudah registrasi," tutur Pahala.

Kementerian BUMN, kata Pahala, masih melakukan kajian dan memantau perkembangan market pascakeputusan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), the Fed, yang menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) atau 0,75 persen. Pahala mengaku optimistis terkait hal ini.

"InsyaAllah masih akan ada yang terealisasi. Kita lagi monitor apakah market sudah mem-price in atau mempertimbangkan kenaikan tingkat bunga yang ada di AS," ujar Pahala.

 

KEYWORD :

Pahala Nugraha Mansury BUMN anak usaha IPO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :