Kamis, 25/04/2024 20:12 WIB

Iran Tanggapi Kekhawatiran UEA atas Rencana Nuklir Teheran

Iran tanggapi kekhawatiran UEA atas rencana nuklir Teheran.

Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, Austria pada 23 Mei 2021. (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

JAKARTA, Jurnas.com - Iran mengatakan kepada Uni Emirat Arab (UEA), Teheran memberikan prioritas tinggi untuk meningkatkan hubungan dengan tetangganya, media pemerintah Iran melaporkan, sehari setelah UEA menyuarakan keprihatinan atas program nuklir Teheran.

Utusan UEA di badan pengawas nuklir PBB pada hari Jumat mengatakan dia berharap Iran akan bekerja dengan badan tersebut untuk memberikan jaminan kepada masyarakat internasional dan kawasan tentang program nuklir Teheran.

"Dalam sambungan telepon dengan mitranya dari UEA, Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian menunjuk pada prioritas tetangga dalam kebijakan luar negeri Iran dan menyerukan lebih banyak konsultasi untuk memperluas hubungan bilateral," kata media pemerintah.

Pada 2019, UEA yang bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) mulai terlibat dengan Iran setelah bertahun-tahun hubungan tegang.

Pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 terhenti sejak Maret. Sejak itu, Iran membatasi kemampuan Badan Energi Atom Internasional untuk memantau program nuklir Iran setelah perselisihan dengan pengawas PBB.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Uni Emirat Arab Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :