Jum'at, 19/04/2024 07:30 WIB

China Umumkan Susunan Kabinet Baru Hongkong

China Umumkan Susunan Kabinet Baru Hongkong

Seorang petugas polisi berjaga di bawah bendera China dan Hong Kong selama upacara pengibaran bendera, seminggu menjelang pemilihan Dewan Legislatif di Hong Kong, China, 12 Desember 2021. Reuters/Tyrone Siu

Hong Kong, Jurnas.com - China mengumumkan susunan kabinet baru pemerintahan Hong Kong, pada Minggu (19/6), yang akan dipimpin oleh Presiden John Lee. Lee baru akan dilantik pada 1 Juli mendatang, bersamaan dengan hari kemerdekaan ke-25.

Dikutip dari Reuters, China mempertahankan Menteri Keuangan, Paul Chan. Sementara itu Paul Lam menggantikan Teresa Cheng sebagai Menteri Kehakiman, dan Eric Chan sebagai Menteri Sekretaris Negara.

Sejumlah media Hong Kong mengatakan Presiden China Xi Jinping, diperkirakan akan menghadiri upacara pengambilan sumpah Lee di Hong Kong. Kendati demikian, belum dikonfirmasi terkait kehadiran pemimpin senior daratan.

Sebagai koloni Inggris hingga 1997, Hong Kong berada dalam siaga tinggi karena infeksi Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 1.000 baru-baru ini.

Namun, belum tampak langkah-langkah pencegahan yang dilakukan pemerintah jelang pelantikan, termasuk penerapan protokol ketat di ruang publik.

Protokol ketat Hong Kong sejauh ini hanyalah kebijakan satu minggu karantina di hotel bagi wisawatan asing. Sedangkan testing harian tetap diberlakukan, yang menyasar puluhan ribu orang.

KEYWORD :

China Kabinet Baru Hong Kong John Lee




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :