Sabtu, 20/04/2024 17:11 WIB

Optimalkan BUM Desa, Gus Halim Bakal Hadirkan Investasi ke Desa

Menteri Halim bakal terus menghadirkan investasi di desa guna mengoptimalkan BUM Desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Bandar Lampung, Jurnas.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan terus genjot pengembangan ekonomi di desa lewat Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa).

Olehnya, Menteri Halim bakal terus menghadirkan investasi di desa guna mengoptimalkan BUM Desa

"Kita memang mendapatkan tugas untuk pemutakhiran data berbasis SDGs desa. Disana semua lengkap dari data kesehatan, lingkungan, pendidikan hingga bisa melihat pula produk unggulan desa," kata pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

Gus Halim mengatakan, dengan adanya hal tersebut sangatlah memungkinkan menghadirkan investor ke desa setelah adanya data mengenai produk dan potensi unggulan pada setiap desa.

"Sangat mungkin kita menghadirkan investor dan akan melakukan investasi di desa. Ini dilakukan guna mengoptimalkan BUM Desa," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Secara nasional tercatat ada sebanyak 42.317 unit BUM Desa dan mengalami perkembangan yang signifikan.

"BUM Desa ini mengalami perkembangan luar biasa, sebab menjadi entitas baru badan hukum selain perseroan terbatas, koperasi. Sehingga makin banyak yang bisa dilakukan desa seperti mengakses permodalan," kata Gus Halim.

Gus Halim menjelaskan, saat ini pun telah banyak BUM Desa yang telah memiliki komoditas yang siap diekspor.

"Ekspor tidak hanya bisa dilakukan di level provinsi atau kabupaten tapi bisa di level desa melalui BUM Desa Sehingga ini berdampak baik bagi perkembangan pengembangan desa," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Selanjutnya meski desa telah mengalami kemajuan, penyaluran dana desa akan tetap dilakukan sebab pengembangan desa akan terus berlanjut.

"Dana desa akan terus berlanjut, sebab pengembangan desa dan pemaksimalan data di desa akan tetap berlanjut untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem. Serta meningkatkan pembangunan desa di semua lini," ucap Gus Halim.

KEYWORD :

Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar BUM Desa Investasi Ekspor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :