Sabtu, 20/04/2024 20:29 WIB

Gandeng BSSN dan Polri, KPU Pastikan Keamanan Sipol

Semua lembaga negara terkait keamanan siber memberikan dukungan penuh KPU RI sehingga berharap keamanan aplikasi-aplikasi yang akan KPU gunakan dapat terjamin.

Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). (Foto: kpu.go.id)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Polri memastikan keamanan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) menjelang Pemilu 2024.

“Insyaallah keamanannya aman dan tadi kami sudah rapat koordinasi bersama BSSN, kepolisian, dan sebagainya berkaitan dengan keamanan siber aplikasi-aplikasi yang digunakan KPU RI, salah satunya adalah Sipol,” ucap Komisioner Divisi Teknis Idham Holik di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Semua lembaga negara terkait keamanan siber memberikan dukungan penuh KPU RI sehingga berharap keamanan aplikasi-aplikasi yang akan KPU gunakan dapat terjamin.

Idham mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggelar rapat bersama BSSN dan kepolisian pada Jumat pagi.

Salah satu sisi teknis yang diperkuat KPU bersama jajaran BSSN dan Polri adalah keamanan firewall.

Idham mengatakan bahwa KPU bersama dengan lembaga-lembaga keamanan siber negara lainnya akan membentuk gugus tugas untuk mengawal keamanan aplikasi-aplikasi KPU RI.

Terlebih, katanya, dalam pemutakhiran Sipol yang dilakukan KPU RI, partai politik akan mencantumkan NIK milik seluruh anggota masing-masing partai.

Oleh karena itu, KPU harus mengawal keamanan aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk Pemilu 2024 mengingat adanya sejumlah data sensitif yang mereka kelola.

“KPU memiliki komitmen untuk memuktakhirkan aplikasi ini, tidak hanya user-friendly (ramah pengguna), tetapi juga memiliki unsur keamanan siber sehingga aplikasi ini tidak diganggu pihak-pihak yang tidak berkepentingan,” ucap Idham.

Aplikasi yang digunakan KPU dalam tahapan penyelenggaraan pemilu akan disertifikasi untuk menjamin tingkat keamanan aplikasi.

KEYWORD :

Komisi Pemilihan Umum Sipol Pemilu BSSN Siber




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :