Sabtu, 20/04/2024 14:03 WIB

Buntut Laporan La Liga, PSG Diperiksa UEFA

Buntut Laporan La Liga, PSG Diperiksa UEFA

Presiden Paris Saint-Germain Nasser al-Khelaifi (Foto: Independent)

Paris, Jurnas.com - UEFA menindaklanjuti laporan La Liga terkait aktivitas keuangan Paris Saint-Germain (PSG). La Liga geram dengan cara raksasa Prancis itu memperbarui kontrak Kylian Mbappe.

"Dokumen keuangan PSG sekali lagi diperiksa oleh UEFA," demikian laporan L`Equipe yang dikutip Marca pada Kamis (16/6).

Jurnalis Etienne Moatti menjelaskan bahwa PSG harus menanggapi permintaan informasi tentang dokumen keuangan dari ahli financial fair play dari badan kontrol keuangan UEFA untuk klub (ICFC).

Ketika PSG menanggapi pertanyaan ICFC dan pemeriksaan data secara rinci dilakukan, akan diputuskan apakah akan membuka proses terhadap klub Prancis, yang merugi 224,3 juta euro pada musim 2020/21 atau tidak.

Masalah dimulai pada tahun 2014, ketika klub dipaksa untuk menandatangani "perjanjian penyelesaian" dengan ICFC di mana pada kenyataannya, sanksi diterima oleh klub agar tidak dihukum lebih berat, termasuk denda 60 juta euro.

Pada Juni 2018, akun klub diselidiki selama berbulan-bulan untuk mendapatkan nilai sebenarnya dari kontrak sponsor PSG, ruang investigasi ICFC menutup file "tanpa tindak lanjut". Pada akhirnya, penyelidikan dibuka kembali, meskipun Pengadilan Arbitrase Olahraga akhirnya akan menutup kasus tersebut.

Sebelumnya, La Liga mengajukan keluhan terhadap PSG dan Manchester City ke UEFA karena diduga melanggar financial fair play. Presiden La Liga Javier Tebas menjelaskan ketidakmungkinan PSG memperbarui kontrak Kylian Mbappe, dengan kerugian yang mereka derita dalam beberapa musim terakhir.

"PSG akan berakhir dengan kerugian 200 juta euro. Mereka telah menarik 300 juta euro untuk memperbarui Mbappe dengan jumlah itu," ungkap Tebas.

"Mereka harus menipu, saya tidak tahu apakah itu dengan membayar di luar lingkungan Prancis atau dengan meningkatkan sponsor, yang sudah mereka lakukan," imbuh dia.

KEYWORD :

UEFA La Liga Paris Saint-Germain Financial Fair Play




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :