Sabtu, 20/04/2024 09:10 WIB

Sudah Booster Dua Kali, Anthony Fauci Dinyatakan Positif COVID-19

Anthony Fauci Dinyatakan Positif COVID-19

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci berbicara selama dengar pendapat Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun Senat di Washington, DC, pada 30 Juni 2020. (Foto: Al Drago / Pool via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Dr Anthony Fauci, pejabat kesehatan masyarakat yang menjadi wajah upaya pemerintah Amerika Serikat (AS) menahan pandemi COVID-19, dinyatakan positif COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Institut Kesehatan Nasional (NIH) dalam sebuah pernyataan pada Rabu (15/6) waktu setempat.

NIH mengatakan, kepala penasihat medis untuk Presiden Joe Biden itu hanya mengalami gejala ringan dan tidak melakukan kontak dekat dengan Biden baru-baru ini.

Menurut NIH, Fauci telah divaksinasi penuh dan telah menerima dua booster. Saat ini pria yang berusia 81 tahun itu akan melakukan isolasi mandiri  dan bekerja dari rumah untuk sementara waktu.

Direktur lama Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Fauci menjadi tokoh populer dan tepercaya selama pandemi ketika ia bertugas di gugus tugas virus corona Gedung Putih di bawah presiden Donald Trump.

Ia kemudian mendapat kecaman dari mantan presiden dan beberapa sekutu Partai Republik ketika Fauci memperingatkan agar tidak membuka kembali ekonomi AS terlalu cepat, dan difitnah oleh mereka yang menentang vaksin COVID-19 dan mandat penutup.

Trump menjadi semakin kritis terhadap pejabat kesehatan pemerintah dan bimbingan mereka ketika peningkatan infeksi mengancam pelonggaran pembatasan penutupan di seluruh negeri pada bulan-bulan sebelum pemilihan presiden November 2020, yang ia kalahkan dari Biden.

Sumber: Reuters

 

KEYWORD :

Anthony Fauci Amerika Serikat Vaksinasi Positif COVID-19 Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :