Sabtu, 20/04/2024 10:03 WIB

Pekan Depan WHO akan Putuskan Status Cacar Monyet

Pekan depan WHO akan putuskan status cacar monyet.

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan komite darurat pada Kamis pekan depan untuk menilai apakah wabah cacar monyet (monkeypox) merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Jika diputuskan, makan akan menjadi peringatan tingkat tertinggi yang dikeluarkan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut, yang saat ini hanya berlaku untuk pandemi COVID-19 dan polio.

Dikutip dari Reuters, pertemuan komite minggu depan akan terdiri dari para ahli global, tetapi Direktur Jenderal WHO membuat keputusan akhir tentang apakah wabah itu layak diberi label, yang dikenal sebagai PHEIC.

WHO menyebutkan, ada 1.600 kasus yang dikonfirmasi dan 1.500 dugaan cacar monyet tahun ini dan 72 kematian di 39 negara, termasuk di mana virus biasanya menyebar.

 

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk meningkatkan respons karena virus berperilaku tidak biasa, lebih banyak negara yang terpengaruh, dan ada kebutuhan untuk koordinasi internasional.

"Kami tidak ingin menunggu sampai situasi di luar kendali," kata direktur darurat WHO untuk Afrika, Ibrahima Socé Fall.

Para ahli telah mendorong WHO untuk tindakan lebih cepat selama beberapa minggu, menyusul kritik terhadap tanggapan awal badan tersebut terhadap pandemi virus corona.

Selain COVID dan polio, wabah penyakit lain telah dinyatakan sebagai PHEIC, seperti Ebola pada tahun 2014.

Namun, sebuah komite juga dapat menarik diri dari membunyikan alarm. Ketika komite darurat WHO dibentuk mempertimbangkan apakah wabah demam kuning di Afrika Barat pada 2016 layak mendapatkan tingkat ancaman tertinggi badan tersebut, akhirnya diputuskan tidak melakukannya.

Penentuan WHO bahwa wabah cacar monyet merupakan darurat kesehatan global dapat membantu mempercepat penelitian dan pendanaan untuk mengatasi penyakit.

Tedros juga mengatakan bahwa WHO bekerja sama dengan mitra untuk mengubah nama cacar monyet dan variannya, serta mekanisme untuk membantu berbagi vaksin yang tersedia secara lebih adil.

Beberapa negara telah mulai memvaksinasi petugas kesehatan dan kontak dekat pasien cacar monyet menggunakan vaksin cacar, virus terkait dan lebih serius yang diberantas pada tahun 1980.

Cacar monyet adalah endemik di beberapa bagian Afrika tetapi ada lebih banyak kasus baik di negara-negara tersebut dan di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir. Virus ini menyebabkan gejala seperti flu dan lesi kulit, dan menyebar melalui kontak dekat.

Diperkirakan berakibat fatal pada sekitar 3 hingga 6 persen kasus, menurut WHO, meskipun belum ada kematian yang dilaporkan dalam wabah di luar Afrika. Mayoritas kematian tahun ini terjadi di Republik Demokratik Kongo.

WHO juga telah mengeluarkan pedoman baru tentang vaksinasi cacar monyet sebelumnya pada hari Selasa.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia WHO Cacar Monyet Monkeypox




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :