Kamis, 25/04/2024 15:45 WIB

Pegawai Kemhan Iran Tewas Misterius

Pegawai Kemhan Iran tewas misterius.

Rudal jelajah dengan latar belakang bendera Iran. (Foto: Arab News)

JAKARTA, Jurnas.com - Pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan) Iran tewas saat bertugas pada Minggu (12/6). Kejadian ini meru terbaru dalam rentetan kematian misterius personel militer Iran dalam beberapa pekan terakhir.

"Mohammad Abdous `syahid` Minggu malam saat bertugas di provinsi utara-tengah Semnan," kata Kemhan Iran dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah.

Pernyataan itu menyebut Abdous sebagai pegawai Kemhan Iran, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang perannya atau bagaimana pria tersebut dibunuh.

Pernyataan Kemhan bertentangan dengan laporan sebelumnya oleh media pemerintah Iran yang mengatakan Abdous adalah anggota unit kedirgantaraan Korps Pengawal Revolusi Islam.

Fars, sebuah kantor berita yang berafiliasi dengan IRGC, mengatakan Senin pagi bahwa Abdous dan Ali Kamani mati syahid "bertugas" dalam dua insiden terpisah pada hari Minggu, menggambarkan keduanya sebagai anggota unit kedirgantaraan IRGC.

Kematian Abdous dan Kamani adalah yang terbaru dari serangkaian kematian misterius warga Iran yang terkait dengan militer negara itu dalam beberapa pekan terakhir.

Pada 22 Mei, kolonel IRGC, Sayyad Khodaei dibunuh dalam serangan senjata di ibu kota Teheran. Iran menyalahkan Israel atas pembunuhannya dan bersumpah untuk membalas dendam.

Itu adalah pembunuhan paling terkenal di Iran sejak pembunuhan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh pada 2020, yang juga dituduhkan oleh Teheran kepada Israel.

Iran tidak mengakui Israel dan di masa lalu menuduhnya menyerang fasilitas nuklir dan melakukan pembunuhan di dalam Iran.

Pada 26 Mei, kementerian pertahanan Iran mengatakan bahwa sebuah “kecelakaan” di kompleks militer Parchin dekat Teheran menewaskan Ehsan Ghadbeigi, seorang insinyur.

The New York Times kemudian melaporkan bahwa Ghadbeigi telah tewas dalam dugaan serangan pesawat tak berawak Israel.

Pada tanggal 31 Mei, insinyur kedirgantaraan Ayoob Entezari meninggal dalam keadaan yang mencurigakan. Media Israel melaporkan bahwa dia diracun di sebuah pesta makan malam. Dia mengerjakan program rudal dan drone Iran, menurut laporan media Israel.

Pada 3 Juni, kantor berita negara IRNA melaporkan bahwa kolonel IRGC lainnya, Ali Esmailzadeh, meninggal dalam “insiden” di rumahnya.

Laporan IRNA muncul beberapa jam setelah Iran International, saluran berita satelit berbahasa Persia yang berbasis di London melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa IRGC membunuh Esmailzadeh setelah dia dicurigai melakukan spionase.

Saat mengkonfirmasi kematian Esmailzadeh, IRNA membantah laporan Iran International bahwa IRGC berada di balik pembunuhannya, menggambarkan laporan itu sebagai perang psikologis dan berita palsu.

Iran International melaporkan bahwa Esmailzadeh meninggal setelah jatuh dari atap rumahnya di kota Karaj, sebelah barat ibukota Teheran. Pejabat IRGC memberi tahu keluarga Esmailzadeh bahwa dia bunuh diri, menurut laporan itu.

"Esmailzadeh adalah rekan dekat Khodaei," kata laporan itu.

Sayap intelijen IRGC menuduh Esmailzadeh terlibat dalam pembunuhan Khodaei dengan membocorkan informasi ke badan intelijen asing, kata laporan itu, menambahkan bahwa IRGC akhirnya memutuskan untuk membunuh Esmailzadeh dengan melakukan bunuh diri.

Sumber: Alarabiya News

KEYWORD :

Tewas Misterius Pegawai Kemhan Iran Mohammad Abdous Israel Sayyad Khodaei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :