Jum'at, 19/04/2024 10:49 WIB

Komitmen Regenerasi Petani, Kementan Kukuhkan 15 Young Ambassador 2022

Komitmen regenerasi petani, Kementan kukuhkan 15 Young Ambassador 2022

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi berfoto bersama dengan Young Ambassador 2022. (Foto: Supianto/ Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mengukuhkan 15 Young Ambassador 2022 di Bogor, Sabtu (11/6). Pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan regenerasi petani.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan terus berupaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian, yang ditempuh melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi petani milenial di berbagai daerah.

"SDM pertanian yang andal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh sebagai ujung tombak kegiatan pertanian," kata Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, petani milenial merupakan pelopor dan garda terdepan di dalam pembagunan pertanian ke depan.

"Hari ini, saya luar biasa senang bertemu dengan Young Ambassador 2022. Saya yakin 10 atau 20 tahun yang akan datang kalian yang akan menjadi pelopor dan garda terdepan di dalam pembagunan pertanian," kata Dedi.

Kepada 15 Young Ambassador yang terpilih, Dedi menaruh harapan agar menjadi petani dan pengusaha milenial yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa enterpreunersip.

"Tugas kalian setelah menjadi petani dan pengusaha milenial yang andal adalah melakukan resonansi dan aktivasi kepada petani milenial yang ada di daerah kalian masing-masing. Ajak keluarga kalian dan teman-teman kalian untuk sama-sama terjun di dunia agribisnis," kata Dedi.

Dedi mengingatkan, pertanian saat ini bukan lagi hanya sekadar kewajiban dan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, melaikan sebagai ladang untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

"Kalian harus menciptakan gelombang-gelomban di daerah masing-masing, sehingga petani milenial di daerah kalian teresonansi menjadi petani pengusaha yang andal, profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa enterpreunersip," kata Dedi.

Di tempat yang sama Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menjelaskan, pemilihan Young Ambassador 2022 bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi merupakan satu wahana untuk meningkatkan kapasitas.

Ia mengatakan, mominee Young Ambassador ini sudah melalui perjalanan panjang. Pertama kali dari ratusan yang mendaftar dipilih sekitar 50 orang dan kemudian melalui bootcamp dimana dilakukan peningkatan kapasitas terkait peningkatan usaha, meresonansi, dan public speaking.

"Tentu setelah disaring dari 50 menjadI 27 ini merupakan unggulan-unggulan yang luar biasa. Mereka ini mewakili seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua dan juga memberikan keterwakilan dari seluruh subsektor pertanian dari tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan," jelasnya.

Idha juga mengungkapkan bahwa para dewan juri merasa berat karena harus memilih 15 dari 27 nominee Young Ambassador 2022, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan semuanya unggul.

"Tentu saja harapannya, Young Ambassador nanti akan melakukan resonansi. Yang tidak terpilih tetap semangat dan harapannya bisa tetap mengikuti kegiatan-kegiatan di Kementan," kata Idha.

Berikut adalah 15 Young Ambassador Program YESS Tahun 2022;

  1. Ade Putra Daulay (Riau)
  2. Akmal Kamaruddin (Sulawesi Selatan)
  3. Rayndra Syahdan (Mahmudin Jawa Tengah)
  4. Taufik Mawaddani (D.I. Yogyakarta)
  5. Nurul Ihsani (Jawa Barat)
  6. Maryoto (Kalimantan Tengah)
  7. Mardianus Efaproditus Ili Nusa (Tenggara Timur)
  8. Iqbal Habibi (Jawa Barat)
  9. Nyke Pebri Dwi L.S (Kalimantan Selatan)
  10. Iip Irpan (Jawa Barat)
  11. Gusti A.N Megawati (Jawa Timur)
  12. Tanfidzul Khoiri (Jawa Timur)
  13. Ade Purnawirawan (Nusa Tenggara Barat)
  14. Wahyu Candra Nugroho (Jawa Timur)
  15. Maikel Saiba (Papua Barat)

Setiap tahun, program YESS akan memilih 15 Duta yang akan mewakili kegiatan-kegiatan program. Para ambassador akan mewakili profil sosio-ekonomi dan gender yang berbeda, serta kegiatan ekonomi dan lokasi geografis yang berbeda untuk menarik khalayak yang besar, termasuk kelompok sasaran proyek.

KEYWORD :

Young Ambassador 2022 Regenerasi Petani Dedi Nursyamsi Idha Widi Arsanti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :