Jum'at, 19/04/2024 13:59 WIB

Van Gaal Balas Klaim Rasial Ruud Gullit: Omong Kosong!

Van Gaal Balas Klaim Rasial Ruud Gullit: Omong Kosong!

Louis Van Gaal (foto: Daily Mirror)

Amsterdam, Jurnas.com - Louis van Gaal membalas klaim rasial yang dilontarkan Ruud Gullit, yang menyebut bahwa pelatih kulit hitam sulit berkarir di tim nasional Belanda.

Menurut klaim Gullit, pelatih kulit hitam hanya diperbolehkan menjadi asisten pelatih, dan tidak diizinkan memimpin sesi latihan.

Klain ini dibantah oleh pelatih timnas Belanda, Van Gaal. Dia menyebut mantan bintang AC Milan dan Chelsea itu tidak tahu apa yang dia bicarakan.

"Saya kagum bahwa dia dapat melihat dari rumahnya di Amsterdam atau Italia apakah seorang pelatih sedang berlatih atau tidak. Itu hanya omong kosong. Asisten saya Edgar Davids memberikan apa yang disebut pelatihan kering Italia minggu ini," kata Van Gaal dikutip dari Goal pada Sabtu (11/6).

Sebelumnya, Gullit mengaku frustasi atas kurangnya kesempatan pelatih kulit hitam di sepak bola Belanda. Dia mencontohkan mantan rekan setimnya, Edgar David, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai asistem timnas Belanda.

"Apa yang Patrick Kluivert lakukan untuk tim nasional Belanda? Apakah dia memberikan pelatihan? Saya tidak tahu. Apakah Henk Fraser memberikan pelatihan? Mungkin sekali, saya tidak tahu. Apakah saya pernah memberikan pelatihan dengan Dick Advocaat? Tidak! Mereka mengatakan saya harus berdiri di antara para pemain, tetapi saya tidak pernah diizinkan untuk memberikan pelatihan," ungkap Gullit.

"(Advocaat) menunjukkan kepada saya bahwa dia tidak membutuhkan keahlian saya, tetapi saya tetap bersyukur kepadanya bahwa saya telah bekerja untuk tim nasional Belanda berkat dia. Jika Anda bertanya kepada saya apakah saya akan melakukannya lagi, saya katakan `Tidak, tentu saja tidak`," imbuh dia.

KEYWORD :

Louis Van Gaal Ruud Gullit Klaim Rasial Kulit Hitam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :