Rabu, 24/04/2024 00:48 WIB

Syarief Hasan Apresiasi University of Nottingham Memilih Sulsel Jadi Tempat Riset Energi Terbarukan

Mereka memilih Sulsel itu karena mereka melihat pada potensi besar yang dimiliki Sulsel.

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan bertemu Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Gubernur, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (8/6/2022). (Foto: Humas MPR)

Makassar, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan (Syarief Hasan) mengapresiasi University of Nottingham, United Kingdom (UK) yang memilih Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai daerah perluasan risetnya seputar energi terbarukan.

"Perguruan tinggi ini memang dikenal memiliki keahlian tinggi mengenai riset energi terbarukan. Jadi, mereka memilih Sulsel itu karena mereka melihat pada potensi besar yang dimiliki Sulsel. Mereka sangat menyadari itu," ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan Syarief Hasan, usai mendampingi Dr. Bagus P Muljadi, Dr. Lousie Walker, David Ouchterlonie dan Shannon Baverstock para anggota delegasi University of Nottingham, bertemu Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Gubernur, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (8/6/2022).

Lebih jauh Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini mengatakan, Sulsel memang dianugerahi tanah yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya nikel. "Dari pertemuan itu, Gubernur sangat mendukung sekali. Saya rasa, itu sangat bagus. Dampak positifnya sangat luarbiasa, yaitu pemerintah daerah jadi mengetahui secara detil potensi kekayaan alamnya dari hasil riset global itu," tambahnya.

Professor Bidang Ilmu Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM ini sangat berharap riset yang akan dihasilkan nanti akan memberikan kontribusi tinggi kepada percepatan pembangunan di bidang teknologi energi. Dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulsel.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa nantinya dalam pelaksanannya, University of Nottingham akan bekerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Sulsel untuk melakukan riset-riset soal energi terbarukan itu.

"Sinergitas antar universitas memang sangat penting karena bisa saling bertukar ilmu pengetahuan dan pengaplikasiannya di lapangan . Alhamdulilah, sekarang mulai banyak peneliti dan periset dari kampus dunia mulai melirik daerah dari sebelumnya hanya berputar terpusat di Jawa. Kami sebagai pemerintah daerah dan mewakili rakyat Sulsel, sangat bangga untuk kemudian semaksimal mungkin bekerjasama dengan baik," pungkasnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Syarief Hasan University of Nottingham Energi Terbarukan Sulawesi Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :