Jum'at, 26/04/2024 02:56 WIB

Arab Saudi Tambahkan 16 Individu dan Entitas ke Daftar Teroris

Arab Saudi tambahkan 16 individu dan entitas ke daftar teroris.

Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 9 Oktober 2018 (Foto: Onur Coban/Anadolu Agency)

Arab Saudi Tambahkan 16 Individu dan Entitas ke Daftar Teroris

Negara-negara anggota Pusat Penargetan Pembiayaan Teroris (TFTC), yang meliputi Arab Saudi, menetapkan 16 individu, entitas, dan kelompok sebagai teroris, menurut laporan resmi Saudi Press Agency (SPA), Senin.

Didirikan pada tahun 2017, TFTC mencakup Amerika Serikat (AS), Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, UEA, dan bertujuan untuk memperkuat upaya untuk menghadapi pencucian uang regional dan jaringan pendanaan teroris.

Individu dan entitas, yang semuanya sebelumnya telah ditunjuk oleh AS, termasuk tiga individu dan dua kelompok yang berafiliasi dengan Pasukan Pengawal Revolusi-Quds Iran (IRGC-QF), empat individu dan satu perusahaan yang terkait dengan ISIS, dan enam pemodal yang berafiliasi dengan Boko Haram.

Berafiliasi dengan IRGC

Seorang warga Lebanon yang diidentifikasi sebagai Ali Qasir dan dua warga Iran, Meghdad Amini dan Morteza Hashemi, telah ditetapkan untuk dikaitkan dengan IRGC-QF dan partai “teroris” Hizbullah Lebanon.

Menurut Departemen Keuangan AS, Amini dan Qasir mengawasi jaringan sekitar 20 orang dan perusahaan terdepan di beberapa negara untuk tujuan membiayai Hizbullah dan IRGC-QF dengan memfasilitasi “penjualan emas, elektronik senilai puluhan juta dolar dan mata uang asing.”

Hashemi mengarahkan banyak perusahaan yang berbasis di Hong Kong dan Cina daratan dan telah mengeksploitasi “aksesnya ke sistem keuangan internasional untuk mencuci uang dalam jumlah besar untuk IRGC-QF dan Hizbullah.”

Dua kelompok yang ditunjuk untuk afiliasi mereka dengan IRGC adalah Saraya al-Mukhtar dan Saraya al-Ashtar yang menargetkan Bahrain dan menerima dukungan keuangan, militer, dan logistik dari IRGC.

Menurut Departemen Keuangan AS, Saraya al-Mukhtar merencanakan serangan yang menargetkan personel AS di Bahrain sementara Saraya al-Ashtar menargetkan pasukan keamanan di Bahrain dan juga mendorong kekerasan terhadap pemerintah Inggris, Arab Saudi, dan AS melalui media sosial.

Berafiliasi dengan ISIS dan cabang-cabangnya

Sebuah perusahaan serta empat individu ditunjuk atas hubungan mereka dengan ISIS dan cabang-cabangnya.

Mereka diidentifikasi sebagai Ismatullah Khalozai, seorang warga Afghanistan yang terkait dengan ISIS-Provinsi Khorsan, dan Alaa Khanfurah, Baraa al-Qatirji dan Hussam al-Qatirji, warga Suriah yang berafiliasi dengan ISIS.

Baraa al-Qatirji dan Hussam al-Qatirji adalah pendiri Perusahaan al-Qatirji yang juga ditunjuk untuk memfasilitasi penjualan minyak ke ISIS dan untuk bekerja sama dengan IRGC-QF.

Menurut Departemen Keuangan AS, Perusahaan al-Qatirji, yang berbasis di Suriah, juga telah mengirimkan senjata ke Suriah dari Irak. Pada 2016, ia menyediakan pasokan ke wilayah yang dikuasai ISIS.

“Dalam kesepakatan perdagangan 2016 antara Pemerintah Suriah dan ISIS, Perusahaan al-Qatirji diidentifikasi sebagai agen eksklusif untuk menyediakan pasokan ke wilayah yang dikuasai ISIS, termasuk minyak dan komoditas lainnya,” kata Departemen Keuangan AS.

Berafiliasi dengan Boko Haram

Enam warga Nigeria yang diidentifikasi sebagai Abdurrahman Ado Musa, Salihu Yusuf Adamu, Bashir Ali Yusuf, Mohammed Ibrahim Isa, Ibrahim Ali al-Hassan, dan Surajo Abubakar Mohammed ditunjuk untuk mendirikan sel di UEA untuk mengumpulkan uang dan memberikan bantuan keuangan kepada Boko Haram di Nigeria.

Keenam pria itu dinyatakan bersalah oleh pengadilan UEA pada 2019, kata Departemen Keuangan AS, menambahkan bahwa mereka telah mentransfer $782.000 dari Dubai ke Boko Haram di Nigeria.

KEYWORD :

Arab Saudi Amerika Serikat Daftar Teroris TFTC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :