Selasa, 23/04/2024 13:14 WIB

Trio Puteri Indonesia Siap Promosikan KTT G20 di Bali

Para pemenang ajang pemilihan Puteri Indonesia siap menyukseskan perhelatan KTT G20 di Bali November mendatang.

Presidensi G20. (foto: g20.org)

Jakarta, Jurnas.com - Para pemenang ajang pemilihan Puteri Indonesia siap menyukseskan perhelatan KTT G20 di Bali November mendatang. Hal itu sesuai imbauan Presiden Jokowi saat mengundang Yayasan Putri Indonesia bersama tiga pemenang Puteri Indonesia 2022 dan Miss Universe di Istana Merdeka, Senin (30/5).

Dalam pertemuan itu, menurut Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia Puteri Kus Wisnu Wardani, presiden mengarahkan Menparekraf Sandiaga Uno yang turut mendampingi pertemuan bersama Mensesneg Pratikno untuk melibatkan Puteri-Puteri Indonesia 2022.

Khususnya tiga pemenang teratas yakni Puteri Indonesia 2022 (Miss Universe Indonesia 2022) Laksmi Suardana, Puteri Indonesia Lingkungan 2022 (Miss International Indonesia 2022) Cyndy Mae, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 (Miss Supranational Infonesia 2022) Adinda Chresheilla, untuk terlibat aktif di dalam berperan sebagai pihak tuan rumah G20 di beberapa acara penting di Bali nanti.

Topik utama yang akan diusung dalam pertemuan G20 nanti adalah Arsitektur Kesehatan Masyarakat dunia ke depan untuk menciptakan masyarakat Indonesia sehat, Literasi Digital yang berlandaskan edukasi/peningkatan skill dan minat baca dan terakhir transformasi energi di dalam penerapan di sektor-sektor ekonomi, termasuk pariwisata, untuk mengantisipasi perubahan iklim.

“Kebetulan tiga Puteri Indonesia terpilih mempunyai latar belakang pendukung untuk ketiga topik utama G20 2022 di Bali ini,” ujar Putri Kus Wisnu Wardani.

Seluruh finalis Puteri Indonesia adalah perwakilan puteri puteri terbaik dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas untuk ikut menyukseskan perhelatan G20 terutama dalam mendorong isu-isu prioritas yang dibahas dalam forum ini.

Laksmi Suardana, wakil provinsi Bali yang menjadi pemenang Puteri Indonesia 2022 , misalnya, lulus sarjana dengan predikat cumlaude di bidang fashion design dari Melbourne dan sarjana bisnis fashion dari Italia yang aktif bergiat di bidang edukasi literasi.

Begitu pun dengan Cindy Mae juara ke 2 Puteri Indonesia 2022 yang bergelar Puteri Indonesia Lingkungan adalah dokter yang turut serta mengatasi pandemi covid 19 di Indonesia. Ia adalah dokter umum yang memenangkan Outstanding Student Award dan telah lulus master pada bidang Health Management, Leadership & Infectious Disease dari UNSW Australia.

Tentu Cindy memenuhi syarat untuk berkontribusi aktif di dalam topik G20 Arsitektur Kesehatan Dunia ke depan. Sedangkan Adinda Cresheilla, juara ke-3 Puteri Indonesia 2022 yang bergelar Puteri Indonesia Pariwisata, lulusan double major UI dalam ilmu komunikasi cumlaude dengan IP tertinggi dan sekaligus lulusan Deakin University Melbourne.

“Penyandang predikat Puteri Inteligensia di Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini, akan berkontribusi berperan pada sektor pariwisata yang berkelanjutan melalui Green Tourism. Menparekraf Sandiaga Uno telah membagikan informasi bahwa akan memulai dengan tujuan wisata Bali sebagai area Green Tourism,” papar Putri.

Selain itu, kata dia, ketiga Puteri pemenang Puteri Indonesia ini akan diberangkatkan dalam tiga lomba internasional yang berbeda.

Laksmi akan pergi ke Miss Universe Pageant 2022, Cindy berangkat ke Miss International Pageant 2022, dan Dinda akan bertolak ke Miss Supranational Pageant 2022.

Keikut sertaan mereka ini ke ajang lomba internasional dapat membantu mempromosikan ketiga topik utama G20 ini ke ajang yang mereka ikuti dan khususnya kepada para perwakilan dari negara-negara G20. Komunikasi diplomasi dapat dibawakan dalam berbagai bentuk, formal maupun informal dengan cara apapun, salah satunya melalui pergaulan internasional seperti ini.”

Menanggapi hal tersebut, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari Suardana menyatakan komitmennya untuk ikut serta dalam KTT G20 dan membuat bangga bangsa serta negara Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan bahwa kita Puteri Indonesia 2022 sangat siap untuk bertugas dan membuat negara kita bangga. Bapak Jokowi tadi menyampaikan bahwa kita ditugaskan untuk mempromosikan negara kita terutamanya G20 dan kita siap sekali dan ingin membuat negara kita bangga," ujar Laksmi di Istana Negara.

Senada dengan Laksmi, Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy Mae, turut berkomitmen untuk ikut serta dalam KTT G20, khususnya di bidang arsitektur kesehatan global.

"Saya akan memfokuskan kepada sektor prioritas yaitu global health architecture dan semoga semua program-programnya itu akan terlaksanakan dengan baik," tutur Cindy.

KEYWORD :

Trio Puteri Indonesia Promosikan KTT G20 Yayasan Putri Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :