Selasa, 23/04/2024 20:06 WIB

Pihak yang Bertikai di Yaman Perpanjang Masa Gencatan Senjata

Pihak yang bertikai di Yaman perpanjang masa gencatan senjata.

Tentara Yaman [Al-Mashareq English/Facebook]

JAKARTA, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan, pihak-pihak yang bertikai di Yaman sepakat untuk memperbarui gencatan senjata dua bulan.

"Saya ingin mengumumkan bahwa pihak-pihak yang berkonflik telah menyetujui proposal PBB untuk memperbarui gencatan senjata saat ini di Yaman selama dua bulan tambahan," kata utusan khusus PBB untuk Yaman, Hans Grundberg, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Arab News.

"Perpanjangan gencatan senjata mulai berlaku ketika periode gencatan senjata saat ini berakhir, hari ini 2 Juni 2022 pukul 19.00 waktu Yaman (1600 GMT)," sambungnya.

Yaman telah dicengkeram konflik sejak milisi Houthi yang didukung Iran menguasai ibu kota Sanaa pada 2014.

Grundberg menambahkan gencatan senjata diperpanjang dengan persyaratan yang sama seperti sebelumnya.

Kelompok-kelompok bantuan di Yaman telah menggembar-gemborkan manfaat dari gencatan senjata, yang mulai berlaku pada bulan April.

Selain membuka bandara Sanaa untuk beberapa penerbangan komersial, gencatan senjata telah memungkinkan kapal tanker minyak berlabuh di pelabuhan Hodeida yang dikuasai Houthi, yang berpotensi mengurangi kekurangan bahan bakar di Sanaa dan di tempat lain.

Tetapi ketentuan bagi Houthi untuk meredakan pengepungan mereka di kota terbesar ketiga Yaman, Taiz, belum dilaksanakan, yang memicu kemarahan pemerintah yang menuntut jalan ke kota dibuka.

Sementara itu, Houthi telah meminta pemerintah untuk membayar gaji pegawai sektor publik yang bekerja di daerah-daerah di bawah kendali mereka.

"Agar gencatan senjata sepenuhnya mewujudkan potensinya, langkah-langkah tambahan perlu diambil, terutama dalam hal pembukaan jalan dan operasi penerbangan komersial," kata Grundberg.

"Saya akan terus terlibat dengan para pihak untuk menerapkan dan mengkonsolidasikan semua elemen gencatan senjata secara penuh, dan bergerak menuju penyelesaian politik yang berkelanjutan untuk konflik yang memenuhi aspirasi dan tuntutan yang sah dari perempuan dan laki-laki Yaman," sambungnya.

KEYWORD :

Yaman Houthi PBB Gencatan Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :