Jum'at, 19/04/2024 23:00 WIB

WHO: Wabah COVID-19 Korea Utara Kemungkinan Buruk

 WHO: wabah COVID-19 Korea Utara kemungkinan buruk

Orang-orang yang memakai masker pelindung bepergian di tengah kekhawatiran atas penyakit virus corona baru (COVID-19) di Pyongyang, Korea Utara 30 Maret 2020, dalam foto yang dirilis oleh Kyodo ini. (Foto: Kyodo/via REUTERS)

JENEWA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyesalkan tidak memiliki akses ke data tentang wabah COVID-19 Korea Utara, tetapi menganggap krisis di negara tersebut semakin dalam, bertentangan dengan laporan kemajuan Pyongyang.

Korea Utara, yang mengumumkan kasus virus corona (COVID-19) pertamanya pada 12 Mei, mengatakan pekan lalu wabah COVID-19 telah dikendalikan, dengan media pemerintah melaporkan penurunan beban kasus.

Tetapi Direktur Kedaruratan WHO, Michael Ryan mempertanyakan klaim itu.

"Kami berasumsi bahwa situasinya semakin buruk bukan lebih baik," katanya kepada wartawan, meskipun mengakui bahwa negara totaliter yang tertutup itu hanya memberikan informasi yang sangat terbatas.

"Saat ini kami tidak dalam posisi untuk membuat penilaian risiko yang memadai dari situasi di lapangan," katanya, menunjukkan bahwa "sangat, sangat sulit untuk memberikan analisis yang tepat kepada dunia ketika kami tidak memilikinya. akses ke data yang diperlukan".

Sementara itu, Pemimpin WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove mengatakan negara itu telah mendaftarkan sekitar 3,7 juta kasus dugaan Covid, meskipun akun resmi hanya menyebutkan kasus "demam".

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) yang dikelola pemerintah melaporkan Jumat lalu bahwa beban kasus telah turun selama tujuh hari berturut-turut, dengan hanya lebih dari 100.000 kasus demam baru dalam 24 jam, turun dari 390.000 kasus harian pada awal Mei.

KCNA juga melaporkan satu kematian lagi pada hari Jumat - menjadikan jumlah resmi menjadi 69 - dan mengklaim tingkat kematian tetap 0,002 persen.

"Ada banyak pemulihan yang telah dilaporkan, tetapi ada informasi terbatas yang kami dapatkan dari negara saat ini," kata Van Kerkhove.

Korea Utara, yang memiliki salah satu sistem kesehatan terburuk di dunia, belum memvaksinasi salah satu dari sekitar 25 juta orangnya, setelah menolak suntikan yang ditawarkan oleh WHO.

Ryan menekankan pentingnya mengekang wabah di negara miskin itu. "Kami telah menawarkan bantuan pada beberapa kesempatan. Kami telah menawarkan vaksin pada tiga kesempatan terpisah. Kami terus menawarkan," katanya.

Ia mengatakan badan kesehatan PBB bekerja dengan China dan Korea Selatan dalam upaya untuk mendapatkan bantuan, memuji "sikap yang sangat positif untuk mencoba menangani masalah kolektif ini".

WHO telah berulang kali memperingatkan agar tidak membiarkan virus penyebab COVID-19 menyebar tanpa terkendali, antara lain karena kemungkinan besar akan bermutasi dan menghasilkan varian baru yang berpotensi lebih berbahaya.

"Kami tidak ingin melihat penularan penyakit ini secara intens pada populasi yang rentan, dalam sistem kesehatan yang telah melemah," kata Ryan. "Ini tidak baik untuk rakyat (Korea Utara). Ini tidak baik untuk kawasan. Ini tidak baik untuk dunia."

Sumber: AFP

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Korea Utara WHO COVID-19 Kasus Demam Michael Ryan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :