Sabtu, 20/04/2024 09:19 WIB

Inovasi Digital Jadikan Ekonomi Nasional Lebih Tangguh

Inovasi Digital jadikan ekonomi nasional lebih tangguh

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto. (Humas Kemenko Ekonomi)

Jakarta, Jurnas.com - Inovasi digital membuat perekonomian nasional tumbuh lebih tangguh. Hal itu, disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam sesi panel “Digital Innovation Across Borders” pada ATxSummit Asia Tech x Singapore (ATxSG) di Hotel Ritz-Carlton Millenia di Singapura, Selasa.

“’Karena ekonomi kita sekarang dalam fase pemulihan, inovasi digital akan memiliki peran kunci dalam mengembalikan ekonomi ke jalur pertumbuhan yang tangguh," kata Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu (01/06).

Pemerintah dan sektor swasta Indonesia pun secara bersama-sama merangkul teknologi digital sebagai salah satu respon terhadap pandemi COVID-19.

"Salah satunya melalui penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang merupakan aplikasi pelacakan kontak yang dipakai di Indonesia serta dilengkapi kolaborasi dengan platform telemedis swasta yang memberikan respons cepat, tepat sasaran, dan hemat biaya terhadap gelombang Omicron," kata Airlangga

Sementara itu, Program Kartu Prakerja juga memungkinkan upaya pengembangan keterampilan berkelanjutan melalui sarana end-to-end yang sepenuhnya digital selama pandemi. Untuk sepenuhnya memanfaatkan Inovasi digital, Airlangga melanjutkan bahwa pemerintah membutuhkan kolaborasi lintas batas.

"Sama seperti kita tidak bisa menahan pandemi dengan upaya nasional saja, ekonomi kita juga tidak bisa pulih lebih kuat, kecuali kita pulih bersama. Karena itu tema Presidensi G20 Indonesia tahun ini dengan memasukkan transformasi digital sebagai salah satu dari tiga prioritas Presidensi,” ujar Ketua Umum Partai Golkar ini.

Setiap pemangku kepentingan, besar atau kecil, publik atau swasta, akan memiliki perannya masing-masing. Dengan transformasi digital yang sekarang menjadi keharusan, kolaborasi di tingkat lokal, nasional, regional, dan global sangat dibutuhkan agar dapat mengatasi kesenjangan dan pemisahan digital.

 

KEYWORD :

Airlangga Hartarto Inovasi digital ekonomi tangguh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :