Jum'at, 26/04/2024 05:49 WIB

Israel Teken Perjanjian Perdagangan Bebas dengan UEA

Israel teken perjanjian perdagangan bebas dengan UEA

Bendera Uni Emirat Arab, Israel dan Expo 2020 Dubai berkibar selama upacara Hari Nasional Israel di Expo 2020 Dubai di Dubai pada 31 Januari 2022. (Foto file: Reuters/Christopher Pike)

JAKARTA, Jurnas.com - Israel menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (31/5). Ini merupakan perjanjian perdagangan besar pertamanya dengan negara Arab dan langkah yang bertujuan meningkatkan perdagangan antara kedua negara Timur Tengah.

Dikutip dari Reuters, pakta tersebut ditandatangani di Dubai setelah berbulan-bulan negosiasi.

"Selesai," kata duta besar Israel untuk UEA Amir Hayek di Twitter, membalas tweet lain yang ia unggah sebelumnya mengatakan bahwa "UEA dan Israel akan menandatangani FTA dalam satu jam ke depan".

Presiden Dewan Bisnis UEA-Israel Dorian Barak mengatakan bahwa perjanjian perdagangan menetapkan tarif pajak, impor dan kekayaan intelektual, yang akan mendorong lebih banyak perusahaan Israel untuk mendirikan kantor di UEA, khususnya di Dubai.

Dewan memperkirakan akan ada hampir 1.000 perusahaan Israel yang bekerja di atau melalui UEA pada akhir tahun melakukan bisnis dengan Asia Selatan, Timur Jauh dan Timur Tengah.

"Pasar domestik tidak mewakili keseluruhan peluang. Peluang benar-benar terbentuk di Dubai, seperti yang dimiliki banyak perusahaan, untuk menargetkan wilayah yang lebih luas," kata Barak kepada Reuters melalui telepon.

Menjelang penandatanganan, kementerian ekonomi Israel mengatakan bahwa kesepakatan itu akan menghapus tarif makanan, pertanian, kosmetik, peralatan medis, dan obat-obatan.

"Bersama-sama kita akan menghilangkan hambatan dan mempromosikan perdagangan yang komprehensif dan teknologi baru, yang akan membentuk dasar yang kuat untuk jalan kita bersama, akan berkontribusi pada kesejahteraan warga dan mempermudah melakukan bisnis," kata Menteri Ekonomi dan Industri Israel, Orna Barbivai, Senin (30/3).

Perjanjian tersebut telah ditandatangani di tengah meningkatnya kekerasan Israel-Palestina.

Awal pekan ini, Kementerian Luar Negeri UEA mengutuk penyerbuan kompleks Al-Aqsa di Yerusalem oleh pemukim ekstremis di bawah perlindungan pasukan Israel.

Kementerian dalam pernyataan tertulis, juga meminta "otoritas Israel bertanggung jawab mengurangi eskalasi dan mengakhiri semua serangan dan praktik yang mengarah pada kelanjutan ketegangan sambil menggarisbawahi perlunya menahan diri secara maksimal untuk menghindari ketidakstabilan lebih lanjut".

Pada hari yang sama, media yang diundang diberitahu bahwa mereka tidak bisa lagi menghadiri penandatanganan. Tidak ada alasan yang diberikan untuk perubahan mendadak itu.

Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan dihormati dalam Yudaisme sebagai Temple Mount - sisa dari dua kuil kuno agama tersebut.

Barbivai Israel mengatakan kepada radio Israel pada hari Selasa bahwa dia telah mendengar tidak ada yang luar biasa tentang kekerasan Al-Aqsa sejauh ini selama kunjungannya ke UEA.

Untuk UEA yang kaya minyak, kesepakatan dengan Israel adalah perjanjian perdagangan bebas bilateral kedua setelah menandatangani kesepakatan serupa dengan India pada Februari. Hal ini dalam pembicaraan perdagangan bilateral dengan beberapa negara lain, termasuk Indonesia dan Korea Selatan.

UEA telah secara agresif mengejar kesepakatan ini dalam upaya untuk memperkuat ekonomi dan statusnya sebagai pusat bisnis utama setelah pukulan yang diambil dari pandemi COVID-19.

Israel dan UEA menjalin hubungan pada September 2020 dalam kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat yang melanggar kebijakan Arab selama beberapa dekade yang telah menyerukan negara Palestina sebelum hubungan dengan Israel.

Bahrain dan Maroko juga mengakui Israel pada tahun yang sama.

KEYWORD :

Israel Uni Emirat Arab Negara Teluk Perdagangan Bebas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :