Sabtu, 20/04/2024 20:23 WIB

Rusia Pamer Rudal Jelajah Hipersonik Zirkon

Rusia Pamer rudal jelajah hipersonik Zirkon

Tangkapan layar video yang menunjukkan peluncuran rudal jelajah Zircon. (Foto: Reuters/KEMENTERIAN PERTAHANAN RUSIA)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia berhasil melakukan uji tembak rudal jelajah hipersonik Zirkon pada jarak sekitar 1.000 km, kata kementerian pertahanan pada Sabtu (28/5).

Rudal itu ditembakkan dari Laut Barents dan mengenai sasaran di Laut Putih.

Video yang dirilis oleh kementerian menunjukkan rudal ditembakkan dari sebuah kapal dan melesat ke langit pada lintasan yang curam.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menggambarkan Zircon sebagai bagian dari generasi baru sistem persenjataan yang tak tertandingi.

Senjata hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara. Rusia telah melakukan uji peluncuran Zirkon sebelumnya dari kapal perang dan kapal selam pada tahun lalu.

Militer Rusia mengalami kerugian besar manusia dan peralatan selama invasi tiga bulan ke Ukraina, yang disebutnya "operasi khusus", tetapi terus melakukan uji coba senjata tingkat tinggi untuk mengingatkan dunia akan kehebatannya dalam teknologi rudal.

Bulan lalu, Beruang Merah itu meluncurkan uji coba rudal antarbenua berkemampuan nuklir baru, Sarmat, yang mampu membawa 10 atau lebih hulu ledak dan menyerang Amerika Serikat (AS).

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Rudal Hipersonik Zirkon Amerika Serikat Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :