Kamis, 25/04/2024 22:07 WIB

Dasco Pastikan DPR Prioritaskan Persoalan Penyakit Hepatitis Akut

DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI akan memprioritaskan untuk menuntaskan pembahasan RUU yang saat ini berada dalam pembahasan Pembicaraan Tingkat I.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyiapkan pembahasan sejumlah agenda strategis pada masa persidangan V tahun sidang 2021-2022.

Dasco mengatakan itu saat membacakan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang V di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/5).

Menurut dia, sejumlah agenda strategis itu antara lain penuntasan pembahasan sejumlah rancangan Undang-Undang (RUU) pada pembicaraan tingkat pertama, pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) untuk APBN Tahun Anggaran 2023.

Kemudian, antisipasi kebijakan dan ketahanan fiskal pada tahun 2022 untuk merespon perkembangan perekonomian global yang membebani keuangan negara, serta persiapan tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai pada tahun 2022 ini.

"DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI akan memprioritaskan untuk menuntaskan pembahasan RUU yang saat ini berada dalam pembahasan Pembicaraan Tingkat I," katanya menegaskan.

Menurut dia, pembentukan Undang Undang, yang diselenggarakan oleh DPR RI dan Pemerintah, saat ini difokuskan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional dan mendukung penyelenggaraan pembangunan nasional.

Dalam pembentukan Undang Undang melalui berbagai pembahasan, semakin dituntut adanya ruang partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan dan pandangannya.

Ketua Harian DPP Gerindra ini menegaskan, DPR RI berkomitmen agar dapat menghasilkan produk Undang Undang yang selaras dengan UUD NRI 1945, memiliki landasan sosiologis yang kuat, mengutamakan kepentingan nasional, dan juga membuka ruang partisipasi rakyat.

Selain itu, kata Dasco, DPR RI akan memprioritaskan berbagai permasalahan yang menjadi perhatian di tengah masyarakat diantaranya permasalahan Penyakit Hepatitis Akut yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya dan menyerang anak dengan rentang usia 1-17 tahun.

Permasalahan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak. Aturan pelonggaran aktivitas dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Bali.

Ketentuan penerapan Pembelajaran Tatap Muka di sekolah berdasarkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Langkah-langkah Pemerintah dalam menghadapi kenaikan kasus COVID-19 setelah masa mudik lebaran.

Insiden kerusuhan di Expo Waena, Kota Jayapura. Capaian Program Vaksinasi dan Booster COVID-19 hingga Pembahasan Tahapan, Program dan Jadwal, penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad Hepatitis Rapat Paripurna Gerindra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :