Rabu, 17/04/2024 01:51 WIB

Penumpang Arus Balik di Bandara Soetta Mulai Meningkat

Gusnar menuturkan hingga Kamis, pukul 13.00 WIB, PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat ada total 436 penerbangan. 

Ilustrasi antrean menumpuk di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis 14 Mei 2020. (Foto: Reza)

Jurnas.com - Pergerakan penumpang arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai meningkat pada Kamis (5/5). 

"Sudah mulai ramai, tapi masih lancar dan terkendali," kata Koordinator Posko Lebaran Terminal 1 Bandara Soetta Gusnar Yoga yang ditemui di Cengkareng, Kamis.

Gusnar menuturkan hingga Kamis, pukul 13.00 WIB, PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat ada total 436 penerbangan. Diprediksi pergerakan pesawat pada Kamis sore hingga malam akan meningkat, didominasi kedatangan penerbangan domestik.

"Prediksi pergerakan penerbangan periode pukul 16.00-18.59 ada 174 penerbangan didominasi penerbangan kedatangan (arrival)," katanya.

Secara rinci, diprediksi ada 21 penerbangan kedatangan pada Kamis pukul 16.00-18.59 WIB di Terminal 1A, 21 penerbangan kedatangan di Terminal 2D, 24 penerbangan kedatangan di Terminal 2E dan 29 penerbangan kedatangan di Terminal 3 Domestik serta 6 penerbangan kedatangan di Terminal 3 Internasional.

Jumlah penerbangan kedatangan itu lebih tinggi dibandingkan penerbangan keberangkatan di jam yang sama, dengan rincian 12 penerbangan keberangkatan di Terminal 1A, 9 penerbangan keberangkatan di Terminal 2D, 18 penerbangan keberangkatan di Terminal 2E, 18 penerbangan keberangkatan di Terminal 3 Domestik. Walaupun demikian, ada 7 penerbangan keberangkatan di Terminal 3 Internasional.

Berdasarkan pantauan Antara di Terminal 3, pergerakan penumpang datang memang tidak terlalu tinggi, khususnya pada pagi hari. Namun, menjelang siang dan sore hari, pergerakan penumpang di area kedatangan mulai meningkat.

Demikian pula di Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta. Meski hanya melayani dua maskapai penerbangan yakni Lion Air dan Batik Air, Terminal 2 Bandara Soetta jadi area yang paling ramai oleh penumpang yang datang maupun yang akan berangkat.

Sementara itu di Terminal 1 arus pergerakan penumpang penerbangan kedatangan mulai terlihat menjelang sore hari.

Operasional Terminal 1 sendiri memang diberhentikan sementara selama pandemi. Namun, seiring mulai meningkatnya penumpang di Bandara Soetta, terutama saat Lebaran tahun 2022, Terminal 1 dioperasikan kembali meski hanya Terminal 1A.

Sementara untuk Terminal 2 dan Terminal 3 sudah dipenuhi penumpang selama Lebaran.

KEYWORD :

Arus Balik Bandara Soekarno Hatta Lebaran Penumpang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :