Jum'at, 19/04/2024 07:37 WIB

UEFA Larang Rusia Ikut Kompetisi Eropa

UEFA, Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa, juga memutuskan bahwa tawaran Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro putra pada 2028 dan 2032 tidak memenuhi syarat.

Stine Larsen dari Denmark beraksi dengan Alena Andreeva dari Rusia [Henning Bagger/Ritzau Scanpix via Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - Union of European Football Associations (UEFA) telah melarang Rusia dari Kejuaraan Eropa Wanita pada bulan Juli dan berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia tahun depan setelah invasi negara itu ke Ukraina.

Portugal akan menggantikan Rusia untuk turnamen 6-31 Juli di Inggris, setelah kalah dari mereka di babak playoff kualifikasi. Mereka akan bergabung dengan Belanda, Swedia dan Swiss di Grup C.

UEFA, Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa, juga memutuskan bahwa tawaran Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro putra pada 2028 dan 2032 tidak memenuhi syarat.

Ini berarti tawaran Inggris dan Irlandia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 hanya disaingi oleh Turki, yang juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2032.

Klub Rusia tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi di musim 2022-2023 di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa, antara lain,

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa komite eksekutifnya mengambil keputusan untuk "memastikan pementasan mereka lancar di lingkungan yang aman dan terjamin untuk semua pihak yang berkepentingan".

UEFA dan badan sepak bola dunia Federasi Internasionale de Football Association (FIFA) telah menangguhkan tim nasional Rusia dan klub dari sepak bola internasional sampai pemberitahuan lebih lanjut beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan untuk memasuki Ukraina dalam apa yang disebutnya sebagai operasi khusus untuk "de-nazify" Ukraina.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

UEFA Kejuraan Eropa Piala Dunia Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :