Sabtu, 20/04/2024 21:59 WIB

Sebut Hitler Orang Yahudi, Menlu Rusia Disebut Hina Korban Nazisme

Dani Dayan, ketua Yad Vashem, peringatan Israel untuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust, mengatakan pernyataan Lavrov adalah

Sergei Lavrov (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Israel mengecam Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov karena menyatakan Adolf Hitler memiliki asal-usul Yahudi. Pernyataan tersebut disebut telah menyebarkan anti-Semitisme dan meremehkan Holocaust.

"Kebohongan semacam itu dimaksudkan untuk menuduh orang Yahudi sendiri atas kejahatan paling mengerikan dalam sejarah yang dilakukan terhadap mereka," kata Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett dalam sebuah pernyataan.

"Penggunaan Holocaust orang Yahudi untuk tujuan politik harus segera dihentikan," tambahnya.

Lavrov membuat pernyataan di televisi Italia pada Minggu ketika ia ditanya mengapa Rusia mengatakan perlu "mendenazifikasi" Ukraina jika presiden negara itu sendiri, Volodymyr Zelenskyy, adalah orang Yahudi.

"Ketika mereka mengatakan `Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi`, saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov kepada saluran Rete 4, berbicara melalui penerjemah Italia.

"Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri," tambahnya.

Dani Dayan, ketua Yad Vashem, peringatan Israel untuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust, mengatakan pernyataan Lavrov adalah "penghinaan dan pukulan telak bagi para korban Nazisme yang sebenarnya".

Berbicara di radio Kan, Dayan mengatakan Lavrov menyebarkan "teori konspirasi anti-Semit tanpa dasar fakta".

Identitas salah satu kakek Hitler tidak diketahui tetapi ada beberapa spekulasi, tidak pernah didukung oleh bukti apapun, bahwa dia mungkin seorang Yahudi.

Tidak ada tanggapan segera untuk komentar dari kedutaan Rusia ke Israel atau dari Lavrov di Moskow.

Kyiv yang mengutuk kata-kata Lavrov, dengan mengatakan "pernyataannya yang keji" menyinggung Zelenskyy, Israel, Ukraina dan Yahudi.

"Lebih luas lagi, mereka menunjukkan bahwa Rusia saat ini penuh dengan kebencian terhadap negara lain," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter.

Kementerian Luar Negeri Israel Yair Lapid, yang kakeknya meninggal dalam Holocaust, mengatakan bahwa menuduh orang Yahudi sebagai anti-Semit adalah "tingkat rasisme yang paling dasar".

Ia juga menepis pernyataan Lavrov bahwa unsur-unsur pro-Nazi menguasai pemerintah dan militer Ukraina.

"Ukraina bukan Nazi. Hanya Nazi yang Nazi dan hanya mereka yang berurusan dengan penghancuran sistematis orang-orang Yahudi," kata Lapid kepada situs berita YNet.

srael telah menyatakan dukungan berulang untuk Ukraina setelah invasi Rusia pada bulan Februari. Namun waspada terhadap ketegangan hubungan dengan Rusia, penguasa di negara tetangga Suriah, pada awalnya menghindari kritik langsung terhadap Moskow dan belum memberlakukan sanksi formal terhadap oligarki Rusia.

Namun, hubungan menjadi lebih tegang, dengan Lapid bulan lalu menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina.

Namun, presiden Ukraina juga mendapat kritik di Israel dengan mencari analogi antara konflik di negaranya dan Perang Dunia Kedua.

Dalam pidatonya di parlemen Israel pada bulan Maret, Zelenskyy membandingkan serangan Rusia di Ukraina dengan rencana Nazi Jerman untuk membunuh semua orang Yahudi dalam jangkauannya selama Perang Dunia Kedua.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Israel Rusia Sergei Lavrov Adolf Hitler Yahudi Naftali Bennett Ukraina Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :