Jum'at, 26/04/2024 05:41 WIB

Pimpinan MPR Kecewa Jokowi Tak Salat Idul Fitri di Istiqlal

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. (Foto: MPR)

Jakarta, Jurnas.com -  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhammad menyayangkan atas ketidakhadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam ibadah salat Idul Fitri, di Masjid Istiqlal, Senin (2/5).

Ketidakhadiran Jokowi tersebut, kata Fadel, menuai banyak kekecewaan terutama para jamaah di Ibu Kota Jakarta.

"Banyak yang kecewa. Ini kan ibu kota, harusnya diutamakan dulu," kata Fadel saat ditemui awak media di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta.

Menurut Fadel, kekecewaan tersebut dikarenakan pada tahun ini, merupakan yang pertama kalinya Masjid Istiqlal menggelar salat id setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti pemilihan lokasi salat idul fitri yang dilakukan Jokowi beserta keluarga, sebab kata dia, tidak ada komunikasi yang diterimanya.

"Ini kan bagus momentumnya, tapi ya kami memang tidak ada komunikasi dengan Presiden," ucap Fadel. 


Selain itu, Fadel menganggap para menteri banyak yang tidak hadir Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal karena Jokowi tidak ada di lokasi.

"Karena presiden tidak ada, pak Ketua MPR pergi juga. pada pergi semua. Harusnya fokus semua di Istiqlal. harusnya pejabat semua di sini," ujarnya.

Maka dari itu, dia berharap agar ke depan terjalin koordinasi untuk para pejabat yang ingin menjalani ibadah di perayaan hari raya.

"Menurut saya memang bagusnya (hadir di sini) tapi sudah kejadian ya insyaallah ke depan (ada koordinasi) karena kan ini Ibukota," tukas Fadel.

Diketahui, Jokowi beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan sang putra Kaesang Pangarep melaksanakan ibadah salat idul fitri di istana kepresidenan Yogyakarta.

Padahal, Masjid Istiqlal Jakarta menggelar ibadah pelaksanaan salat idul fitri 1443 H setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Terpantau di masjid Istiqlal, para pejabat negara yang hadir yakni Wakil Presiden Ma`ruf Amin, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Wakil Ketua MPR RI Fadel Ahmad dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tak hanya itu, beberapa tamu undangan negara seperti halnya para kedutaan besar negara sahabat juga hadir dalam pelaksanaan ibadah salat idul fitri tahun.

Selain Jokowi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tidak terlihat hadir di Masjid Istiqlal.

KEYWORD :

Idul Fitri Salat Id Jokowi Fadel Muhammad Masjid Istiqlal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :