Sabtu, 20/04/2024 16:51 WIB

Jumlah Jemaah Salat Id di Istiqlal Mencapai 300 Ribu Orang

Masjid Istiqlal menjadi salah satu wisata religi di Jakarta (Foto: Traveling Yuk)

Jakarta, Jurnas.com - Jumlah jemaah yang melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal tembus 300 ribu orang, melampaui kapasitas dari yang telah ditentukan oleh pihak panitia.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar mengungkapkan 300 ribu jemaah melaksanakan salat Id, meskipun kapasitas yang sudah ditentukan 250 ribu jemaah.

"Alhamdulillah, kesan mereka sangat puas walaupun macet. Saya perkirakan tadi bisa sampai 300 ribu," kata Nazaruddin kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Senin (2/5).

Dia melanjutkan panitia menargetkan jemaah yang salat Id di salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara itu sebanyak 150 ribu orang.

Tak heran, para jemaah sampai memenuhi area pelataran masjid. Area itu biasanua dipakai untuk pameran. Bahkan, kata dia, pukul 07.03 WIB pintu masuk di segala arah sampai harus ditutup.

"Kapasitasnya 250 ribu tapi tadi itu sampai di jalan masuk depan (gereja) Katedral penuh semua. Pelataran-pelataran yang biasa dipakai pameran itu dipenuhi semua. Jam 07.03 WIB ditutup, nggak bisa nembus istiqlal karena orang sudah padati tengah jalan," ungkapnya.

Membludaknya jemaah salat Id bahkan sempat membuat Wakil Presiden RI Ma`ruf Amin terhalang saat masuk ke dalam Masjid Istiqlal.

"Pak Wapres sempat terhalang, khatibnya tuh naik ojek, ketahan, jadi kami sudah siapkan semua kalo seandainya khatibnya berhalangan sampai 3 opsi kami," terang dia.

KEYWORD :

Idul Fitri Salat Id Lebaran Masjid Istiqlal Jumlah Jemaah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :