Jum'at, 19/04/2024 05:36 WIB

Presiden Jokowi dan Keluarga Salat Id di Gedung Agung Yogyakarta

Presiden Jokowi beserta keluargaa menunaikan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Iriana Jokowi tampil casual dan edgy saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Jokowi beserta keluargaa menunaikan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

"Shalat di Istana Yogya (Gedung Agung)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi dari Jakarta, Minggu.

Presiden Jokowi bersama keluarga beserta keluarga melaksanakan salat Id di Gedung Agung tepat pukul 06.32 WIB.

Selain keluarga presiden, masyarakat juga tampak diperbolehkan bergabung bersama Jokowi untuk menunaikan salat Id di Gedung Agung.

Imam dan katib salat Id di Istana Yogyakarta diketahui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif. Tema khutbah salat Id hari ini adalah `Solidaritas Sosial di masa Pandemi`.

Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana Jokowi diketahui telah berada di Yogyakarta sejak Sabtu, 30 April 2022.

Presiden sebelumnya memang mengatakan akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Yogyakarta.

Sejak tiba di Yogyakarta, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk membagikan sembako di sekitar Gedung Agung pada Sabtu (30/4).

Sementara pada Minggu (1/5), Presiden Jokowi juga memberikan bantuan di sekitar Malioboro dan Pasar Ngasem, Kota Yogyakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Hal tersebut didasari dua hal yakni dari paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0,59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit.

Informasi hitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 tempat titik rukyat, di 34 provinsi di seluruh Tanah Air.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Salat Idul Fitri 1443 Hijriah Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :