Jum'at, 19/04/2024 05:24 WIB

Salikun Mudik ke Kebumen dengan Goes Sepeda

Saya sudah 10 tahun pakai sepeda, dari 2012 suka mudik pakai sepeda

Salikun Angel pemudik dengan menggoes sepeda. (Istimewa)

Bekasi, Jurnas.com - Beragam cara ditempuh para pemudik untuk dapat pulang ke kampung halaman. Mulai dari naik kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Cara berbeda dilakukan oleh pria paruh baya bernama Salikun Angel (62).

Dia mudik menggunakan sepeda menuju Kebumen, Jawa Tengah. Dia mengaku bersepeda untuk membudayakan hidup sehat. "Kita membudayakan hidup sehat, ya," kata Angel saat ditemui di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Kamis (28/4/2022).

Angel mengaku sudah sepuluh tahun bersepeda. Dia menyebut kerap mudik menggunakan sepeda. "Saya sudah 10 tahun pakai sepeda, dari 2012 suka mudik pakai sepeda," tuturnya.

Angel berangkat dari Tebet pada pukul 21.00 WIB. Dia menyampaikan perjalanan ke Kebumen memakan waktu tiga sampai lima hari. "Ya tiga hari, tapi kalau singgah ke komunitas Federal bisa 4-5 hari," ucapnya.

Angel menggunakan sepeda bertipe mountain bike dengan membawa barang bawaan yang ia perlukan selama perjalanan. Untuk makan, Angel mengatakan dirinya memasak, namun terkadang diberi makanan oleh orang.

Selama perjalanan menuju Kebumen, Angel beristirahat pada siang hari. Lalu ia melanjutkan perjalanan pada malam hari. "Kalau siang saya tidur, istirahat, nanti berangkat lagi Asar, terus istirahat gowes lagi malam hari," ujarnya.

Sementara itu, pemudik lain yang juga menggunakan sepeda adalah Sabur. Bersama empat temannya, Sabur hendak mudik ke Jombang, Jawa Timur. Sabur dan teman-teman bersepeda dari Kota Tangerang. Sabur mengaku sudah mudik menggunakan sepeda selama tujuh tahun. "Dari 2015, estimasi (sampai) 3 hari," ucap Sabur.

Menurut Sabur alasan menggunakan sepeda untuk mudik adalah hobi. Ia mengaku menikmati mudik menggunakan sepeda. "Ya ini saja hobi, nikmat, gitu, ingin menikmati setiap gowesannya," ucapnya.

KEYWORD :

Salikun Angel mudik goes sepeda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :