Sabtu, 20/04/2024 17:40 WIB

Twitter Setujui Dibeli Elon Musk US$44 Miliar

Twitter akan menjadi perusahaan swasta setelah kesepakatan ditutup

Logo Twitter terlihat di luar kantor pusat perusahaan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Twitter umumkan menyetujui tawaran Elon Musk untuk dibeli seharga $44 miliar.

Perusahaan media sosial mengatakan telah menandatangani perjanjian definitif untuk diakuisisi oleh entitas yang sepenuhnya dimiliki oleh Musk, di mana pemegang saham Twitter akan menerima $54,20 tunai untuk setiap saham biasa yang mereka miliki.

"Harga pembelian mewakili 38% premium dari harga penutupan saham Twitter pada 1 April 2022, yang merupakan hari perdagangan terakhir sebelum Mr. Musk mengungkapkan sekitar 9% sahamnya di Twitter," kata pernyataan itu.

Twitter akan menjadi perusahaan swasta setelah kesepakatan ditutup.

Perdagangan saham Twitter dihentikan sebentar di S&P 500 di New York Stock Exchange selama sesi tengah hari di tengah perjanjian pembelian yang tertunda.

Pengumuman itu muncul setelah Dewan Direksi Twitter bertemu hari Minggu untuk membahas tawaran Musk.

"Dewan Twitter melakukan proses yang bijaksana dan komprehensif untuk menilai proposal Elon dengan fokus yang disengaja pada nilai, kepastian, dan pembiayaan," kata Ketua Dewan Independen Twitter Bret Taylor dalam pernyataannya. "Transaksi yang diusulkan akan memberikan premi tunai yang substansial, dan kami percaya ini adalah jalan terbaik ke depan bagi pemegang saham Twitter."

CEO Twitter Parag Agrawal mengatakan bahwa perusahaan memiliki "tujuan dan relevansi yang berdampak pada seluruh dunia."

Sementara banyak pengguna Twitter menyuarakan protes keras di media sosial di tengah kesepakatan pembelian, Musk mencoba meyakinkan mereka dengan mengatakan perjanjian itu tidak akan memengaruhi perusahaan maupun kebijakannya.

"Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan," kata Musk dalam pernyataannya.

"Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk dengan fitur-fitur baru, membuat algoritme open source untuk meningkatkan kepercayaan, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua manusia. Twitter memiliki potensi luar biasa – saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan ini." dan komunitas pengguna untuk membukanya," tambahnya.

Pengusaha dan tokoh bisnis Musk, pendiri pembuat mobil listrik Tesla dan perusahaan eksplorasi ruang angkasa SpaceX, mengumumkan pada 4 April bahwa ia membeli 9,2% saham di Twitter, menjadi investor terbesar platform media sosial.

Musk sedang menjajaki tawaran tender untuk membeli Twitter, saat ia menerima komitmen senilai $ 46,5 miliar untuk kesepakatan itu, menurut pengajuan sekuritas yang dirilis Kamis.

KEYWORD :

Elon Musk Twitter




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :