Selasa, 23/04/2024 13:12 WIB

150.000 Warga Palestina Tetap Salat Jumat di Masjid Al-Aqsa

Meski demikian, itu tidak menghentikan sekitar 150.000 warga Palestina yang bepergian ke masjid untuk beribadah, menurut Wakaf Islam Yerusalem.

Rana datang ke Al-Aqsa bersama dengan Nablus (Al Jazeera)

JAKARTA, Jurnas.comSalat Jumat ketiga di bulan Ramadan di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki diwarnai serangan polisi Israel terhadap warga Palestina yang sedang salat.

Meski demikian, itu tidak menghentikan sekitar 150.000 warga Palestina yang bepergian ke masjid untuk beribadah, menurut Wakaf Islam Yerusalem.

Pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa pada Jumat setelah salat subuh, melukai setidaknya 31 warga Palestina, termasuk tiga wartawan, dengan peluru berlapis karet, granat kejut dan gas air mata.

Polisi Israel mengatakan serangan itu sebagai tanggapan atas pelemparan batu terhadap warga Palestina.

Gas air mata juga ditembakkan setelah salat Jumat, mengenai warga Palestina yang beribadah di Kubah Batu di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha.

Serangan pemukim di bawah perlindungan polisi selama seminggu terakhir selama festival Paskah Yahudi telah menyebabkan konfrontasi harian dengan orang-orang Palestina di masjid, dengan banyak yang terluka dan ditangkap.

Pada hari pertama Paskah, 15 April, pasukan Israel melukai sedikitnya 158 warga Palestina dan menangkap 400 lainnya di dalam kompleks. Puluhan lainnya terluka dan ditangkap sepanjang minggu.

Terlepas dari kekhawatiran akan masalah yang meningkat di lapangan, warga Palestina mengatakan bahwa kehadiran mereka yang berkelanjutan di Al-Aqsa sangat penting.

"Saya pikir sangat penting bagi orang-orang untuk datang ke Yerusalem dan ke Al-Aqsa. Anda merasa memiliki, Anda merasa bertanggung jawab terhadap Yerusalem, untuk mengajari anak-anak kami bahwa ini adalah tanah kami, bahwa Al-Aqsa adalah agama kami," kata Rana Mohammad kepada Al Jazeera di kompleks tersebut.

Ibu berusia 36 tahun itu berasal dari Nablus di Tepi Barat yang diduduki, dan datang ke Yerusalem Timur bersama suaminya dan putranya yang berusia lima tahun.

Ramadan merupakan kesempatan langka bagi warga Palestina dari Tepi Barat yang diduduki. Sementara warga Yerusalem Palestina dan mereka yang memiliki paspor Israel dapat mengakses Al-Aqsha kapan saja, warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat yang diduduki hanya diizinkan memasuki kota dengan akses yang sulit.

"Kami tidak bisa datang pada hari-hari biasa, jadi Anda harus menunggu momen ini menit demi menit. Perasaan berada di sini tak terlukiskan - Anda merasa semangat Anda diremajakan," kata Mohammad.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Masjid Al-Aqsa Polisi Israel Yerusalem Timur Salat Jumat Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :