Jum'at, 19/04/2024 19:06 WIB

Setiap Pembangunan Harus Mengedepankan Aspek Pelestarian Lingkungan

Tahun ini Hari Bumi menggagas tema Berinvestasi pada Planet Kita (Invest In Our Planet) untuk mendorong lebih kuat lagi setiap upaya menuju bumi yang lebih hijau demi kesejahteraan umat manusia.

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. (Foto: MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Mengedepankan aspek pelestarian lingkungan harus menjadi landasan dalam setiap proses pembangunan demi masa depan yang lebih baik.

"Sejumlah kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan hidup harus terus diperkuat agar bumi tempat kita berpijak bisa terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi penghuninya," kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/4), dalam rangka Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April.

Tahun ini Hari Bumi menggagas tema Berinvestasi pada Planet Kita (Invest In Our Planet) untuk mendorong lebih kuat lagi setiap upaya menuju bumi yang lebih hijau demi kesejahteraan umat manusia.

Menurut Lestari, setiap upaya dalam menuju lingkungan hidup tetap lestari harus di kedepankan.

Upaya tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dimulai dari perilaku keseharian kita dengan memanfaatkan barang yang ramah lingkungan hingga kebijakan yang pro pelestarian lingkungan di setiap sektor baik politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Pemanfaatan kearifan lokal dalam upaya melestarikan lingkungan hidup, jelas Rerie, sangat diharapkan untuk menanamkan pemahaman pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Rerie berpendapat Hari Bumi harus jadi momentum untuk mengubah proses pembangunan ke arah yang lebih hijau dan ramah terhadap lingkungan hidup.

Pengalihan pemanfaatan energi fosil ke sumber energi baru dan terbarukan, seperti energi listrik, energi matahari dan energi angin, ujar Rerie, harus terus dilanjutkan dan diperluas demi masa depan yang lebih hijau.

Keberhasilan semua upaya tersebut, jelasnya, sangat tergantung kepedulian semua pihak dan harus dilakukan secara bersama-sama melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat.

KEYWORD :

Kinerja MPR Lestari Moerdijat Lingkungan Hari Bumi Energi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :