Rabu, 24/04/2024 23:41 WIB

Lawan Invasi Rusia, AS, Inggris, dan Kanada Bakal Kirim Artileri ke Ukraina

Anggota layanan Ukraina mengoperasikan howitzer 2A65 Msta-B selama latihan artileri dan anti-pesawat di dekat perbatasan dengan Krimea yang dicaplok Rusia di wilayah Kherson, Ukraina, dalam gambar selebaran yang dirilis pada 28 Januari 2022. (Foto: Press Service of the Joint Operasi Pasukan/Handout via Reuters)

WASHINGTON, Jurnas.com - Para pemimpin Amerika Serikat (AS), Inggris dan Kanada berjanji untuk mengirim lebih banyak persenjataan artileri ke Ukraina dalam menghadapi serangan habis-habisan Rusia di Timur negara itu.

Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bertindak setelah mereka dan para pemimpin sekutu lainnya mengambil bagian dalam panggilan video yang aman saat invasi Rusia mencapai fase baru.

Biden diperkirakan akan mengumumkan dalam beberapa hari mendatang paket bantuan militer lain untuk Ukraina dengan ukuran yang sama dengan US$800 juta yang diumumkan minggu lalu, beberapa sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan pada hari Selasa.

Jika paket bantuan sebesar yang diperkirakan, itu akan membawa total bantuan militer AS ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada Februari menjadi lebih dari US$3 miliar.

Ditanya oleh wartawan selama kunjungan ke New Hampshire apakah Amerika Serikat akan mengirim lebih banyak artileri ke Ukraina, Biden menjawab ya.

Di London, Johnson mengatakan kepada anggota parlemen: "Ini akan menjadi konflik artileri, mereka membutuhkan dukungan dengan lebih banyak artileri, itulah yang akan kami berikan kepada mereka ... di samping banyak bentuk dukungan lainnya."

Trudeau mengatakan Kanada akan mengirim artileri berat dan berjanji untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan kepada wartawan di Air Force One bahwa para pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka untuk memberikan keamanan Ukraina dan bantuan ekonomi dan kemanusiaan.

"Kami akan terus memberi mereka lebih banyak amunisi, karena kami akan memberi mereka lebih banyak bantuan militer," kata Psaki. Ia mengatakan AS sedang mempersiapkan putaran sanksi lain untuk dijatuhkan ke Moskow.

Dalam panggilan video 90 menit mereka, Biden dan sekutunya membahas keterlibatan diplomatik mereka dan upaya terkoordinasi untuk lebih lanjut memaksakan "biaya ekonomi yang parah untuk meminta pertanggungjawaban Rusia.

"Mereka akan berkoordinasi melalui G7, Uni Eropa dan NATO," kata Psaki.

Rusia merebut kota pertamanya di Ukraina timur sebagai bagian dari serangan baru yang digambarkan Ukraina sebagai Pertempuran Donbas yang bertujuan merebut dua provinsi.

Paman Sam melihat Rusia melakukan pendahuluan untuk operasi ofensif yang lebih besar di bagian timur negara tetangganya, seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Selasa.

Panggilan video Biden dari Ruang Situasi Gedung Putih dimulai pukul 09.57 dan berakhir pada pukul 11.21, dengan Biden berbicara dari Ruang Situasi Gedung Putih.

Orang lain dalam panggilan itu termasuk Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg serta para pemimpin Italia, Jepang dan Polandia.

Seorang penasihat presiden Prancis mengatakan sekutu telah membahas bagaimana memberikan jaminan keamanan ke Ukraina setelah perang jika itu bukan bagian dari NATO dan mekanisme pertahanan otomatisnya yang dikenal sebagai Pasal 5.

"Negara kami siap memberikan jaminan keamanan," kata pejabat Prancis itu. "Itu akan menjadi pasokan militer sehingga dapat menangani serangan baru atau, mungkin, jaminan yang akan membuat kita terlibat jika Ukraina diserang dengan cara di mana kita dapat menilai bagaimana membantunya."

Jaminan ini akan lebih mirip dengan klausul pertahanan yang saat ini dimiliki Uni Eropa di antara para anggotanya, kata pejabat Prancis itu, daripada mekanisme pertahanan yang serupa dengan Pasal 5 NATO, yang memicu dukungan militer otomatis jika seorang anggota diserang.

Sekutu juga membahas perlunya membujuk negara-negara non-UE, non-G7 untuk memperlakukan perang di Ukraina sebagai masalah yang menyangkut perdamaian dunia dan bukan hanya Eropa atau Barat, kata pejabat Prancis itu.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Pasukan Ukraina telah melakukan perlawanan keras dan Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia dalam upaya untuk memaksanya menarik pasukannya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Invasi Rusia ke Ukraina Amerika Serikat Inggris Kanada Artileri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :