Rabu, 24/04/2024 12:42 WIB

Jangan Salah, Ini Cara Cek dan Mengisi Token Listrik

Token listrik dapat dibeli melalui banyak cara seperti melalui e-commerce, ATM, dan minimarket.

Ilustrasi Mengisi Token Listrik. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Bagi pengguna listrik prabayar, mengisi token listrik perlu dipahami agar tidak mengalami kesulitan dalam pemakaian listrik prabayar.

Cara isi token listrik sangat mudah. Namun, mungkin masih banyak juga pengguna token atau listrik prabayar yang masih bingung dengan sistem pembelian dan pengisiannya. Selain harus dibeli terlebih dahulu, pengguna juga yang akan mengisi sendiri token listriknya.

Token listrik dapat dibeli melalui banyak cara seperti melalui e-commerce, ATM, dan minimarket. PLN menyediakan beberapa kategori pembelian token dengan nominal berikut :
1. Rp 20.000,-
2. Rp 50.000,-
3. Rp 100.000,-
4. Rp 250.000,-
5. Rp 500,000,-
6. Rp 1.000.000,-

Salah satu cara mengisi token listrik lainnya adalah dengan aplikasi tidak resmi yang tersedia di Google Play Store seperti aplikasi BukuWarung. Saat ini aplikasi BukuWarung sudah dapat melayani pembelian token listrik. Melalui aplikasi BukuWarung pengguna listrik dapat melakukan pengecekan serta pembelian secara praktis dan gratis tanpa perlu membayar biaya administrasi.

Namun sebelum melakukan pengisian, pengguna diharuskan terlebih dahulu memeriksa merek meteran yang terpasang di rumah. PLN menyediakan beberapa pilihan merek meteran, misalnya Hexing, CONLOG, Glomet, Star, dan Itron. Setiap merek memiliki cara pengecekan dan mengisian sisa token yang berbeda-beda.

1. CONLOG dan Itron : Informasi mengenai sisa listrik atau kWh sudah langsung muncul di layar meteran.
2. Hexing : masukkan kode 801 untuk mengecek sisa token listrik.
3. Glomet : masukkan kode 37, lalu tekan Enter.
4. Star : masukkan kode 07, lalu tekan Enter.

Setelah itu, akan muncul tampilan sisa pulsa listrik. Untuk meteran yang membutuhkan kode, informasi mengenai sisa token listrik akan ditampilkan setelah memasukkan kode. Meskipun ada lima jenis alat meter listrik yang disediakan PLN, namun secara garis besar, cara yang dilakukan tetap sama.

Cara Mengisi Token Listrik dengan Mudah

Setelah melakukan pembelian token listrik, pelanggan listrik prabayar dapat mengikuti langkah-langkah mudah cara mengisi token listrik ke dalam meteran berikut ini:
1. Masukkan 20 digit angka yang ada di voucher token listrik.
2. Pastikan angka tampil pada layar.
3. Bila angka token listrik keliru, tekan tombol “backspace” untuk membatalkan.
4. Bila angka token listrik benar, tekan tombol “enter” untuk mengaktifkan stroom.
5. Angka token listrik yang benar akan menampilkan tulisan “accept” pada layar dan daya bertambah.
6. Angka token listrik yang salah akan menampilkan tulisan “reject”.
7. Jika terjadi “reject”, ulangi langkah dari awal.

Keuntungan yang didapat apabila menggunakan token listrik ialah dapat mengatur pemakaian listrik sesuai kebutuhan. Selain itu juga tidak ada pemutusan sambungan listrik karena telat bayar. Pengguna akan diberi tahu apabila listrik sudah akan habis dengan lampu LED yang ada di alat meter listrik.

Itulah cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengisi token listrik. Dengan diberikannya kemudahan dalam mengisi token listrik bagi pengguna listrik prabayar, pengguna tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam pemakaian token listrik.

KEYWORD :

BukuWarung PLN Prabayar Meteran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :