Rabu, 24/04/2024 19:39 WIB

Israel Lakukan Serangan Udara di Jalur Gaza

Sirene peringatan berbunyi di Israel selatan Senin malam setelah roket ditembakkan dari daerah kantong yang dikendalikan oleh kelompok Islam Hamas, insiden pertama sejak awal Januari.

Polisi Israel mengejar pengunjuk rasa Palestina di dekat Gerbang Singa di Kota Tua Yerusalem pada 17 April 2022. (Foto: AFP/Ahmad Gharabli)

YERUSALEM, Jurnas.com - Israel melakukan serangan udara pertamanya di Jalur Gaza dalam beberapa bulan, Selasa pagi (19/4). Serangan ini sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan dari daerah kantong Palestina ketika ketegangan meningkat setelah kekerasan akhir pekan di sekitar Masjid Al-Aqsa .

Sirene peringatan berbunyi di Israel selatan Senin malam setelah roket ditembakkan dari daerah kantong yang dikendalikan oleh kelompok Islam Hamas, insiden pertama sejak awal Januari.

Proyektil itu jatuh ke laut di lepas Tel Aviv. "Satu roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel. Roket itu dicegat oleh Sistem Pertahanan Udara Iron Dome," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Beberapa jam kemudian angkatan udara Israel mengatakan telah menyerang tempat pembuatan senjata Hamas sebagai pembalasan.

Hamas mengklaim telah menggunakan pertahanan anti-pesawat untuk melawan serangan udara, yang tidak menimbulkan korban, menurut saksi dan sumber keamanan di Gaza.

Tidak ada faksi di daerah kantong padat berpenduduk 2,3 juta jiwa yang segera mengaku bertanggung jawab atas roket itu, tetapi serangan itu terjadi setelah serangkaian serangan di Israel dan ketegangan akhir pekan di sebuah tempat suci di Yerusalem.

Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua tembakan roket dari Israel, dan biasanya melakukan serangan udara sebagai tanggapan.

Insiden itu, yang pertama dari jenisnya sejak Januari, terjadi setelah akhir pekan kekerasan Israel-Palestina di dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang melukai lebih dari 170 orang, sebagian besar demonstran Palestina.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan mengadakan sesi pada hari Selasa untuk membahas lonjakan kekerasan.

Kekerasan serupa di Yerusalem sekitar waktu yang sama tahun lalu memicu tembakan roket Hamas berulang kali ke Israel yang meningkat menjadi perang 11 hari.

Provokatif

Lonjakan ketegangan bertepatan dengan bulan suci Ramadan dan festival Paskah Yahudi. Kompleks Masjid Al-Aqsa dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount - situs tersuci dalam Yudaisme dan tersuci ketiga dalam Islam.

Warga Palestina marah dengan kunjungan berulang kali ke situs tersebut oleh para penyembah Yahudi, yang diizinkan masuk tetapi tidak boleh berdoa di sana.

Pemerintah Naftali Bennett telah berulang kali menyatakan bahwa pasukan keamanan Israel memiliki kebebasan untuk menangani para demonstran.

Hamas telah memperingatkan pada hari Minggu bahwa "Al-Aqsa adalah milik kita dan milik kita sendiri" dan bersumpah untuk membela hak Palestina untuk berdoa di sana.

Baku tembak di Gaza dan bentrokan Al-Aqsa terjadi setelah lonjakan kekerasan termasuk empat serangan mematikan sejak akhir Maret di negara Yahudi oleh warga Palestina dan Arab Israel yang merenggut 14 nyawa, sebagian besar warga sipil.

Sebanyak 23 warga Palestina sementara itu tewas dalam kekerasan sejak 22 Maret, termasuk penyerang yang menargetkan warga Israel, menurut penghitungan AFP.

Mereka termasuk Hanan Khudur, seorang wanita Palestina berusia 18 tahun yang meninggal Senin setelah ditembak oleh pasukan Israel pekan lalu di desa Faquaa, dekat kota Jenin.

Israel telah mengerahkan pasukan tambahan ke Tepi Barat yang diduduki dan telah memperkuat penghalang di wilayah tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan, Ameirka Serikat (AS) sangat prihatin tentang ketegangan dan bahwa pejabat senior AS telah berhubungan melalui telepon dengan rekan-rekan mereka dari Israel, Otoritas Palestina dan negara-negara Arab.

"Kami telah mendesak semua pihak untuk menjaga status quo bersejarah" di kompleks Al-Aqsa dan menghindari langkah-langkah "provokatif", katanya.

Kementerian Luar Negeri Yordani mengatakan, Amman pada Senin memanggil kuasa usaha Israel untuk menyampaikan pesan protes atas pelanggaran Israel yang tidak sah dan provokatif di Masjid Al-Aqsa yang diberkati.

Yordania berfungsi sebagai penjaga tempat-tempat suci di Yerusalem timur, termasuk Kota Tua, yang diduduki Israel pada tahun 1967 dan kemudian dicaplok dalam sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar masyarakat internasional.

Bennett pada Senin mengecam apa yang disebutnya kampanye hasutan yang dipimpin Hamas dan mengatakan Israel melakukan "segalanya" untuk memastikan orang-orang dari semua agama dapat beribadah dengan aman di Yerusalem.

"Kami mengharapkan semua orang untuk tidak bergabung dengan kebohongan dan tentu saja tidak mendorong kekerasan terhadap orang Yahudi," katanya, mengacu pada Yordania.

Bennett juga menghadapi krisis politik di dalam negeri setelah koalisi ideologisnya yang berbeda kehilangan mayoritas satu kursinya di 120 kursi Knesset, parlemen Israel, hanya kurang dari setahun sejak dia dengan susah payah menyusun pemerintahan.

Pada hari Minggu, Raam, partai Arab-Israel pertama yang pernah menjadi bagian dari pemerintah Israel, mengatakan pihaknya "menangguhkan" keanggotaannya atas kekerasan di Yerusalem.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Israel Serang Palestina Yerusalem Masjid Al-Aqsa Serangan Roket




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :