Selasa, 16/04/2024 18:12 WIB

Peringati Tahun Baru Buddha, Junta Myanmar akan Bebaskan 1.600 Tahanan

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi tahun lalu, yang memicu protes besar dan tindakan keras yang mematikan.

Para pengunjuk rasa di Myanmar terkena gas air mata pada demonstrasi Maret 2021 di kota barat laut Kale melawan junta. (Foto: AFP/File/STR)

YANGON, Jurnas.com - Junta Militer Myanmar akan membebaskan lebih dari 1.600 tahanan dari penjara di seluruh negeri pada Minggu (17/4) untuk memperingati Tahun Baru Buddha, tanpa merinci apakah mereka yang diampuni adalah pengunjuk rasa atau penjahat biasa.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi tahun lalu, yang memicu protes besar dan tindakan keras yang mematikan.

Sebanyak 1.619 tahanan, termasuk 42 orang asing telah "diampuni" dan akan dibebaskan untuk menandai tahun baru, menurut pengumuman yang disiarkan oleh TV pemerintah pada Minggu pagi.

Masih belum jelas apakah pengunjuk rasa anti-junta atau jurnalis yang dipenjara karena meliput kudeta akan termasuk di antara mereka yang dibebaskan.

Juga tidak disebutkan tentang akademisi Australia Sean Turnell, mantan penasihat pemimpin terguling Aung San Suu Kyi, yang ditangkap tak lama setelah kudeta.

Dia saat ini diadili karena diduga melanggar undang-undang rahasia resmi, yang membawa hukuman penjara maksimum 14 tahun.

Rincian yang tepat dari dugaan pelanggarannya belum dipublikasikan, meskipun televisi pemerintah mengatakan dia memiliki akses ke "informasi keuangan rahasia negara" dan telah mencoba melarikan diri dari negara itu.

Myanmar biasanya memberikan amnesti tahunan kepada ribuan tahanan untuk menandai liburan Tahun Baru Buddhis tradisionalnya, yang pada tahun-tahun sebelumnya merupakan urusan yang menggembirakan dengan pertempuran air di seluruh kota.

Namun tahun ini, dengan militer melanjutkan tindakan keras berdarah terhadap perbedaan pendapat, jalan-jalan di banyak kota besar menjadi sunyi karena orang-orang memprotes pemerintahan junta.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Junta Militer Myanmar Aung San Suu Kyi Tahun Baru Buddha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :