Kamis, 25/04/2024 19:41 WIB

Kandidat Vaksin COVID-19 Sinopharm Spesifik Omicron Disetujui untuk Uji Klinis

Data menunjukkan, antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin berdasarkan strain yang lebih tua menunjukkan aktivitas yang lebih lemah untuk menetralkan varian yang sangat menular.

Sinopharm. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

BEIJING, Jurnas.com - Dua kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh unit China National Biotec Group (CNBG) untuk menargetkan varian Omicron telah disetujui untuk uji klinis sebagai booster di Hong Kong.

Hal ini disampaikan anak perusahaan Sinopharm, Sabtu (16/4).

Para ilmuwan di seluruh dunia berlomba mempelajari suntikan yang ditingkatkan terhadap Omicron. Data menunjukkan, antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin berdasarkan strain yang lebih tua menunjukkan aktivitas yang lebih lemah untuk menetralkan varian yang sangat menular.

Kedua kandidat, keduanya mengandung virus Omicron yang tidak aktif atau dimatikan dan serupa dengan dua vaksin Sinopharm yang digunakan di China, akan diuji pada orang dewasa yang telah menerima dua atau tiga dosis vaksin, kata CNBG dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan tidak menentukan produk vaksin mana yang akan diterima peserta uji coba sebelum menggunakan booster eksperimental, atau berapa banyak subjek yang akan direkrut.

Sebuah penelitian di Cina menunjukkan bahwa dosis keempat BBIBP-CorV, vaksin Sinopharm yang sudah ada, tidak secara signifikan meningkatkan tingkat antibodi terhadap Omicron ketika diberikan enam bulan setelah dosis booster ketiga menjadi rejimen dua dosis biasa.

Sementara dosis keempat memang mengembalikan tingkat antibodi ke sekitar tingkat puncak setelah dosis ketiga, para peneliti mengatakan vaksin baru akan menawarkan alternatif yang lebih baik sebagai penguat di masa depan.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Booster China National Biotec Group Varian Omicron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :