Kamis, 25/04/2024 11:47 WIB

Erick Thohir: Kerjasama INA dan Dua BUMN Karya Dorong Pemerataan Ekonomi

Hari ini Indonesia Investment Authority (INA) resmi menjalin kerjasama investasi untuk percepatan pembangunan 3 ruas Jalan Tol Trans (JTT) Sumatra milik @hutamakarya dan 2 ruas JTT Jawa milik @waskita_karya, senilai Rp 39 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir. (Humas Kementerian BUMN)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia Investment Authority (INA) resmi kerjasama dengan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Hutama Karya dan Waskita Karya dalam percepatan pembangunan Jalan Tol Trans (JTT) di Sumatera dan di Jawa.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, kerjasama investasi antara INA dan dua BUMN Karya ini untuk percepatan pembangunan tiga ruas Jalan Tol Trans (JTT) Sumatra milik Hutama Karya dan 2 ruas JTT Jawa milik Waskita Karya senilai Rp 39 triliun.

“Hari ini Indonesia Investment Authority (INA) resmi menjalin kerjasama investasi untuk percepatan pembangunan 3 ruas Jalan Tol Trans (JTT) Sumatra milik @hutamakarya dan 2 ruas JTT Jawa milik @waskita_karya, senilai Rp 39 triliun,” kata Erick Thohir yang dikutip dari laman instagramnya @erickthohir, Jumat (15/4).

Dia menjelaskan, kerjasama ini akan menjadi sinyal positif bagi iklim investasi di Indonesia, serta mendorong pemerataan ekonomi di Jawa dan di luar Jawa.

“Selain menjadi sinyal positif bagi iklim investasi di Indonesia, investasi ini juga mendorong pemerataan ekonomi, dan konektivitas yang dibutuhkan masyarakat di Pulau Sumatera dan Jawa,” ucapnya.

Atas dasar itu, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini meminta masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa dan Sumatera untuk mendukung langkah kerjasama antara INA dan dua BUMN Karya tersebut.

“Kita sama-sama dukung langkah ini. Untuk Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia,” harapnya.

Sebelumnya Indonesia Investment Authority (INA) PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Waskita) mengumumkan kerja sama investasi untuk mempercepat pengembangan jalan tol di Indonesia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Induk (Heads of Agreement/HOA) antara INA dan Hutama Karya untuk sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera, mencakup ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Medan-Binjai.

Kemudian, Konfirmasi Dimulainya Transaksi (Confirmation of Transaction Commencement/CTC) antara INA dan anak usaha Waskita, PT Waskita Toll Road untuk sejumlah ruas Jalan Tol Trans Jawa mencakup ruas-ruas Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut hadir pada kesempatan tersebut berharap, kerjasama pembiayaan senilai Rp 39 triliun ini dapat memberikan kepercayaan kepada investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Sudah ditandatangani, nilainya kurang lebih Rp 39 triliun lebih. Ini akan memberikan efek kepercayaan (trust) dari domestik maupun dari internasional terhadap cara-cara pengelolaan keuangan kita," kata Jokowi dalam acara Penandatanganan Perjanjian Induk antara INA dengan Hutama Karya-Waskita Karya.

KEYWORD :

Menteri BUMN Erick Thohir INA infrastruktur tol Sumatera Jawa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :