Selasa, 23/04/2024 20:24 WIB

Tandatangan Kerjasama, Kanwil Humham DKI Jadikan UMJ Mitra Strategis

Kanwil Kumham DKI menandatangani Perjanjian Kerjasama di Bidang Pelayanan Hukum dan HAM dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Penandatanganan kerjsama Kanwil Humham DKI Jakarta dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Kepala kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta (Kanwil Kumham DKI), Ibnu Chuldun Ketika menghadiri dan menandatangani Perjanjian Kerjasama di Bidang Pelayanan Hukum dan HAM antara Kanwil Kumham DKI Jakarta dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kamis (14/4) di Aula Fakultas Hukum UMJ.

Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta mempunyai tugas dan fungsi yang sangat besar dalam pembentukan, pelayanan dan penguatan hukum, tugas yang besar tersebut tidak akan berjaan efektif tanpa dukungan dari perguruan tinggi khususnya Universitas Muhammadiyah Jakarta. Menurutnya, UMJ telah banyak melahirkan ahli hukum yang memberikan warna dalam perjalanan Kementerian Hukum dan HAM.

UMJ ini bukan tempat baru bagi saya, karena saya sering mengatar Prof Yusril Ihza Mahendar (Mantan Menteri Hukum dan HAM) Ketika mengajar di UMJ,” kata Ibnu dalam sambutannya.

Ia berharap kerjasama ke depan bukan hanya dibidang pelayanan hukum dan HAM tetapi bisa juga Kerjasama di bidang Imigrasi atau Pemasyarakatan.

“Silahkan kalau UMJ membutuhan mahasiswa untuk penelitian di Lapas/rutan atau kantor Imigrasi, kita akan bantu,” tegas Ibnu.

“Perjanjian kerjasama ini sebagai langkah deklaratif dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” sambung Dekan Fakultas Hukum UMJ, Dwi Putri Cahayawati.

Universitas Muhammadiyah Jakarta khususnya Fakultas Hukum sangat peduli dan fokus untuk membantu pembentukan, pembinaan dan penegakan hukum khususnya di Jakarta.

“Perjanjian ini sudah dirancang lama antara Kementerian Hukum dan HAM dan UMJ salah satu kesepakatan penting yang dihasilkan diataranya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengajar maupun mahasiswa UMJ sendiri,” tambah Dewi Putri.

Dewi berharap Kerjasama ini semakin memberi ruang Kerjasama yang saling mengisi dan memberi kontribusi baik untuk bangsa dan negara.

Penandatangan Kerjasama ini disaksikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil DKI Jakarta, Ronald Lumbuun dan Ketua Studi  Bidang Hukum UMJ Aby Maulana. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema “Peran Strategis Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta Mendukung dan mensukseskan Tahun Hak Cipta 2022 sebagai Proses Pemulihan Ekonomi Nasional” yang disampaikan oleh Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM DKI, Ronald Lumbuun. Acara ini juga direlay melalui youtube dan aplikasi zoom meeting, dan ikuti oleh seluruh mashasiswa Hukum UMJ.

KEYWORD :

Kanwil Humham DKI Jakarta UMJ Mitra Strategis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :