Jum'at, 19/04/2024 00:50 WIB

Ketua Fraksi PKB: Rotasi Luqman Hakim Tak Terkait Penundaan Pemilu, Sudah Jadi Agenda

Jangan menyangkutkan person. Ini sekaligus saya jelaskan ya. Saya menandatangani rotasi setiap minggu. PKB tidak melihat siklus dan siapa orangnya. Misal sekarang Luqman lagi high profil bicara soal pemilu, nggak ada kaitannya, ini sudah menjadi agenda kami.

Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Tidak benar rotasi Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Luqman Halim dilakukan karena yang bersangkutan melenceng dari keputusan partai terkait penundaan pemilu. Begitu pula terkait dukungan yang diberikan kepada Yahya Cholil Staquf menjadi Ketua Umum PBNU.

Hal itu ditegaskan Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/4).

“Jangan menyangkutkan person. Ini sekaligus saya jelaskan ya. Saya menandatangani rotasi setiap minggu. PKB tidak melihat siklus dan siapa orangnya. Misal sekarang Luqman lagi high profil bicara soal pemilu, nggak ada kaitannya, ini sudah menjadi agenda kami,” terangnya.

Dengan adanya rotasi ini, Luqman sekarang menjadi anggota Komisi IX DPR. Sementara posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR digantikan oleh Yanuar Prihatan yang sebelumnya hanya duduk di kursi anggota.

Cucun menegaskan, rotasi ini juga dilakukan dalam rangka menghadapi persiapan Pemilu 2024. Juga terkait UU Provinsi baru di Papua. Kemudian juga untuk memasangkan orang - orang terbaik terkait pelaksana tugas di tiap Provinsi dan Kabupaten.

"Tidak ada kaitan apa-apa. Kami sudah biasa keputusan fraksi. Jangan menjadi hal yang baru, toh fraksi lain juga sama. Saya merotasi orang kan sudah bagian standar dari operasional di fraksi. Jadi nggak ada kaitannya dengan kondisi sekarang. Kita diadudombakan masalah ini, masalah ini nggak ada," jelasnya.

Soal adanya perbedaan pendapat mengenai penundaan pemilu, jelas Cucun, hal itu merupakan pendapat pribadi Luqman. Tidak mewakili pendapat partai pada umumnya.

"Itu pendapat dia personal dan dia sudah menyampaikan kan bahwa dia mendapat penugasan lain, yang namanya di rumah fraksi dia akan taat dan patuh bagaimana di fraksi," jelasnya.

Selebihnya, Cucun juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rotasi lain di bagian pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Kami sudah biasa melakukan rotasi, dan kali ini yang dirotasi ada 8 orang, yang dari komisi IX pindah ke sini, yang dari badan anggaran tidak dapat AKD lagi, dan besok awal sidang kita juga akan rotasi pimpinan AKD," tutupnya.

KEYWORD :

Warta DPR Fraksi PKB rotasi jabatan Luqman Hakim Cucun Ahmad Syamsurijal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :