Rabu, 24/04/2024 03:35 WIB

KPK Panggil Dirut Telkomsel Hendri Mulya Terkait Kasus Bupati PPU

Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Penajam Paser Utara (PPU), yang menjadi lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Telkomsel Hendri Mulya Syam, Selasa (12/4).

Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Penajam Paser Utara (PPU), yang menjadi lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AGM (Bupati nonaktif PPU Abdul Gafur Mas`ud)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Dalam kasus ini, KPK juga memeriksa saksi lainnya. Yaitu,  Direktur Utama PT Protelindo Ferdinandus Aming Santoso, seorang PNS Herry Nurdiansyah juga diperiksa penyidik.

Kemudian, Kabag Ekonomi Pemkab PPU yang merangkap sebagai Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip serta Dewan Pengawas Perumda PPU Benua Taka Energi Durajat.

Pada perkara tersebut, KPK telah menetapkan Abdul Gafur Mas`ud (AGM) sebagai tersangka penerima suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa serta perizinan.

KPK juga menetapkan lima tersangka lainnya, yakni swasta Ahmad Zuhdi alias Yudi, Plt Sekda Penajam Paser Utara Muliadi, Kepala Dinas PURT Penajam Paser Utara Edi Hasmoro.

Selanjutnya, Kepala Bidang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jusman serta Bendahara Umum (Bendum) DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis.

Dalam perkara ini, Abdul Gafur dan empat tersangka penerima suap lainnya diduga telah menerima uang terkait proyek pekerjaan Dinas PUTR dan Disdikpora PPU dengan nilai kontrak sekira Rp 112 miliar.

Selain itu, Abdul Gafur diduga juga menerima sejumlah uang atas penerbitan beberapa perizinan. Antara lain, terkait perizinan untuk HGU lahan sawit dan perizinan Bleach Plant (pemecah batu) pada Dinas PUTR Penajam Paser Utara.

KEYWORD :

KPK Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Dirut Telkomsel IKN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :