Rabu, 17/04/2024 06:19 WIB

Demo 11 April Ditunggangi? Begini Komentar Pimpinan DPR

Mereka menganggap bahwa proses politik itu di DPR, sehingga mereka melakukan aksi ke DPR dan mewanti-wangi anggota DPR maupun MPR sebagai wakil mereka untuk tidak melakukan hal-hal yang mereka tuntut itu.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat menemui para mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI di depan Gedung DPR Jakarta, Senin (11/4). (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal adanya kecurigaan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh BEM SI ditunggangi oleh pihak tertentu.

Kecurigaan tersebut muncul karena waktu Pemilu 2024 sudah ditentukan oleh KPU, sementara tuntutan yang disuarakan terkait perpanjangan jabatan presiden.

Dasco menilai, aksi tersebut murni dilakukan atas dasar penyuaraan aspirasi oleh para mahasiswa.

“Mereka menganggap bahwa proses politik itu di DPR, sehingga mereka melakukan aksi ke DPR dan mewanti-wangi anggota DPR maupun MPR sebagai wakil mereka untuk tidak melakukan hal-hal yang mereka tuntut itu,” kata dia usai berbicara di atas mobil komando BEM SI di depan Gedung DPR RI Jakarta, Senin (11/4).

Sebelumnya di atas mobil komando, Ketua Harian DPP Gerindra itu menegaskan pihaknya akan menampung aspirasi yang disampaikan BEM SI. Salah satunya tuntutan mahasiswa terkait penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan jabatan presiden.

“DPR RI, MPR RI bersepakat bahwa proses-proses yang tidak konstitusional tidak akan dijalankan,” seru Dasco yang disambut tepuk tangan dari para mahasiswa.

Dasco yang tampil mengenakan kemeja putih ini menegaskan bahwa DPR dan KPU telah sepakat dan menentukan tanggal Pemilu 2024. Sehingga proses apapun yang berkaitan dengan penundaan pemilu maupun perpanjangan jabatan presiden tidak akan dilanjutkan.

“Aspirasi para kawan-kawan mahasiswa akan kami penuhi. Dan proses tahapan pemilu antara KPU, Pemerintah dan DPR akan berjalan sebagaimana mestinya. Pada Selasa besok Presiden akan melantik KPU yang baru dan itu tentunya akan mempercepat proses tahapan pemilu,” tegasnya.

Mendengar pernyataan itu para mahasiswa kompak bertepuk tangan. Dasco lalu meneriakkan yel-yel hidup mahasiswa yang diulang kompak oleh ratusan mahasiswa BEM SI sambil mengangkat tangan.

Soal delapan tuntutan lain yang disampaikan oleh BEM SI, Dasco tegaskan akan menyampaikan langsung ke pemerintah.

“Soal tuntutan lainnya akan kami sampaikan ke pemerintah dalam waktu secepatnya,” lanjut Dasco.

Di akhir orasi, Dasco meminta agar para mahasiswa membubarkan barisan dengan tertib. Dia juga meminta mahasiswa untuk memantau langsung perkembangan tuntutan yang disampaikan ke DPR RI.

“Kami minta mahasiswa setelah menyampaikan aspirasi agar membubarkan diri dan memantau apakah apa yang disampaikan ini berjalan dengan sebagaimana mestinya,” tegas Dasco sambil menyerukan hidup mahasiswa.

 

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad Demo 11 April BEM SI penundaan pemilu perpanjangan jabatan presid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :